Zakat Baznas Didominasi dari ASN, Sektor Swasta Tidak Tersentuh

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) KEWAJIBAN: Amil Baznas Sampang dalam satu tahun berhasil mengumpulkan zakat hingga sebesar Rp1,5 miliar.

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Kegiatan rutin Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sampang setiap tahun, yakni mengumpulkan zakat dari berbagai sektor, juga terjadi di tahun 2021 ini. Sasaran muzaki berasal dari perusahaan swasta, perusahaan negara serta aparatur sipil negara (ASN).

Dari beberapa sektor tersebut, zakat terbesar yang terkumpul di Baznas Sampang itu dari ASN. Dalam satu tahun besarannya mencapai Rp130 juta.

Bacaan Lainnya

Ketua Baznas Sampang, KH Faidhol Mubarok menyampaikan, zakat dari ASN itu dialokasikan pada program beasiswa kepada orang fakir miskin di Sampang.

Dijelaskan , potongan zakat untuk setiap orang adalah sebesar 2,5 persen penghasilan setiap tahunnya. Pemerintah dalam hal ini memberikan himbauan, namun sifatnya tidak wajib.

Dalam membantu fakir miskin tersebut, Baznas Sampang hanya mampu memberi Rp400-500 ribu setiap bulannya. Dana itu diberikan sampai meninggal atau kaya. Adapun untuk pendidikan, dia tidak bisa menguraikan, sebab belum ada laporan.

“Untuk fakir miskin tersebar se Sampang dan nominalnya Rp400-500 ribu. Beda dengan yang dari provinsi, kalau provinsi itu Rp600 ribu setiap bulannya,” imbuhnya.

Kata Faidhol, zakat dari ASN mencapai 90 persen, sedangkan dari perusahaan swasta terbilang kecil. Namun, beruntungnya masih ada program-program hasil kerja sama dengan Baznas Provinsi Jawa Timur (Baznas) dan tingkat pusat. Sehingga, bantuan yang didistribusikan kepada masyarakat semakin banyak.

Zakat dari pemerintah pusat berupa sembako sebanyak 500 paket. Sedangkan program dari Baznas Jatim, adalah buka puasa bersama dan sahur bersama di warung-warung dengan selang waktu dua-tiga hari selama satu bulan. Hal itu dilakukan untuk membantu perekonomian pedagang.

“Pengalokasiannya  berupa paket, bukan uang. Kalau yang dari kabupaten ada beberapa, seperti yang dari polres, pegadaian dan lainnya, dan itu langsung didistribusikan sendiri, kalau yang lain itu melalui kami, dan pendistribusiannya se Sampang. Jadi, kalau dikalkulasi dalam satu tahun amil zakat di Baznas Sampang kurang lebih Rp1,5 miliar,” pungkasnya. (mal/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *