oleh

Zona Kuning, Dinkes Bangkalan Belum Pastikan KBM Tatap Muka

Kabarmadura.id/Bangkalan– Sejak tanggal 20 Agustus lalu, wilayah Bangkalan telah ditetapkan sebagai zona kuning oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dimana kategori tersebut merupakan wilayah yang tingkat penyebarannya sudah menjadi resiko rendah. Kendati demikian, per tanggal 22 Agustus pasien yang terinfeksi covid-19 bertambah 6 orang yakni 409 pasien.

Ketika memasuki zona kuning, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Bangkalan telah berjanji akan mengizinkan kegiatan belajar mengajar (KBM) uji coba tatap muka di Kecamatan Tanjung Bumi.

Menindaklanjuti hal tersebut, Humas Satgas Covid-19 Bangkalan Agus Zein mengatakan, belum memastikan apakah KBM itu akan benar-benar diizinkan atau tidak diizinkan kembali.

“Nunggu surat dulu, jangan lupa uji cobanya hanya untuk 3 lembaga 1 SMK, 1 SMA, dan 1 SLB,” ujarnya.

Dikatakan Agus, pihaknya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pimpinan, yakni Bupati dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan mengenai terkait tindak lanjut uji coba KBM.

Lelaki yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Bangkalan i menegaskan, jika memang nantinya disetujui untuk melakukan KBM uji coba tatap muka maka akan membuat surat resmi untuk dipublikasikan kepada masyarakat.

“Setelah ada persetujuan akan dibuatkan surat resmi untuk izinnya, Insya Allah minggu depan,” tuturnya.

Dia menegaskan, mengenai perubahan wilayah zona, bukan lantas tim satgas Covid-19 Bangkalan yang menentukan. Agus mengungkapkan, bahwa hal tersebut merupakan hasil analisis dari Satgas Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Kami tidak menghitung sendiri tapi satgas pusat yang menghitung dengan sistem berdasarkan update data yang dilakukan setiap hari,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) SMA dan Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Timur Cabang Bangkalan, Moh. Fauzi menerangkan, bahwa hingga Minggu (23/8/2020) belum ada informasi lebih lanjut mengenai adanya kebijakan soal KBM tatap muka.

“Meski sudah zona kuning, sampai sekarang belum ada info. Karena usulan uji coba ke Tanjung Bumi kemarin masih ditolak,” ungkapnya.

Sebelumnya, pihak Satgas Covid-19 Bangkalan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan tidak mengizinkan kegiatan KBM uji coba tatap muka tersebut yang akan dilaksanakan mulai tanggal 18 Agustus hingga 31 Agustus mendatang. Kepala Dinkes Bangkalan Sudiyo mengatakan, tidak diizinkannya KBM tatap muka itu lantaran khawatir akan bermunculan cluster baru dari sekolah seperti yang sudah terjadi di daerah lain.

“Kalau nanti sudah zona kuning, otomatis mereka punya lampu hijau untuk melakukan KBM uji coba tatap muka,” pungkasnya.(ina/mam)

Komentar

News Feed