oleh

Zulfikar Ali Mustakim, Memimpin Desa Pabian dengan Ditopang Pengalaman Berjibun

Kabarmadura.id/Sumenep-Seorang pemimpin yang tangguh adalah ketika mengayomi bawahannya yang disertai dengan penuh kesabaran, keikhlasan, serta penuh tanggung jawab yang tinggi. Hal itu diyakini Zulfikar Ali Mustakim, harus terus diupayakan.

IMAM MAHDI, SUMENEP

Pria yang saat ini menjabat sebagai kepala Desa Pabian Sumenep itu, lebih mengutamakan musyawarah mufakat dalam memimpin desa. Sehingga, dapat mewujudkan manusia yang bermartabat.

Pria kelahiran 12 Juni 1981 ini mampu menorehkan sejarah baru. Bahkan, visi dan misi besar yang ingin dicapai hingga saat ini sudah mulai dilakukan. Visinya, bersama masyarakat membagun Desa Pabian yang berdikari, sedangkan misi yang dibangun, adalah selama memimpin salah satunya tidak pernah bergantung pada DD dan DD.

Kemandirian sudah dilakukan mulai saat ini. Yakni, terkadang mengambil uang pribadinya demi kepentingan rakyatnya.

“Saya sudah diamanahi untuk memimpin Desa Pabian, maka sejatinya amanah tersebut akan dilaksanakan dengan sebaik mungkin,” kata pria yang tinggal di Jalan Dr. Cipto Dusun Pangligur, Desa Pabian, Sumenep ini, Rabu (3/6/2020).

Sejak menjadi kepala Desa Pabian, dirinya mempunyai keinginan besar untuk dicapai, meliputi bidang kepemerintahan, pembangunan, pendidikan, perekonomian. Termasuk, dari segi keamanan dan kesehatan.

Dari bidang kepemerintahan, salah satunya melakukan identifikasi dan inventarisasi pendataan potensi dan aset desa, yakni, aset bergerak maupun aset yang tidak bergerak. Dari bidang pembangunan salah satunya, membangun atau melakukan perbaikan rumah untuk warga miskin di desanya.

Bidang pendidikan yakni, pengembangan pembangunan/rehabilitasi gedung PAUD dan bantuan sarana buku serta berukan beasiswa bagi masyarakat yang tidak mampu.

Dari bidang perekonomian pun mulai saat sudah dibangun. Yakni, mengembangkan BUMDes sebagai wadah untuk akselarasi kegiatan perekonomian desanya. Bidang Keamanan dan kesehatan, salah satunya memberikan jaminan keamanan lingkungan bagi warga dengan mengidentifikasi lebih awal daerah yang rawan tindakan kriminalitas serta mendeklarasikan program Desa Pabian Bersih dari Narkoba (Desa PABINAR)

“Saatnya muda yang memimpin Pabian bersatu insyaallah terwujud,” ujarnya.

Zulfikar juga tidak pernah meninggalkan pendidikan. Dalam menjalani pendidikan, dia tempuh dengan penuh keikhlasan dan kesabaran.

“Sehingga, barokah menjadi kepala desa berkat ilmu yang ditempuh bertahun-tahun ujarnya,” paparnya.

Sebelum menjadi kepala Desa Pabian, Zulfikar juga banyak pengalaman pekerjaan yang membuatnya terlatih menjadi mandiri. Bidang pekerjaan yang digelutinya dijalani dengan meniti karir dari bawah hingga menjadi direktur.

Dia juga pengalaman di bidang kepemiluan dan beragai penghargaan, baik dari bidang kepemiluan maupun dari bidang pekerjaannya.

“Semua yang diraih itu murni hasil kerja keras pribadi dan keinginan sendiri,” paparnya.

Kelihaiannya memimpun desa, juga ditopang pengalamannya aktif di organisasi. Sebab, menuraut Zulfikar, organisasi merupakan tombak utama menjadi pribadi untuk selalu bermasyarakat.

“Langkah demi langkah, tahap demi tahap terus dilakukan. Semoga Allah senantiasa mengabulkan semua keinginan menjadi lebih baik untuk diri sendiri serta masyarakat Pabian,” pungkasnya. (waw)

PENDIDIKAN

SDN) Pangarangan IV Sumenep 1987-1993

SMPN 1 Sumenep 1993-1996

SMUN 1 Sumenep 1996-1999

STIE Al-Anwar Mojokerto 2013-2017

PEKERJAAN

Staf admidnistrasi PT. Sukma Artha 2002-2005

Manager marketing PT. Sukma Artha 2005- 2009

Manager operasional PT. Sukma Artha 2009-2017

Direktur CV. Sukma Group 2010-2019

Direktur Utama PT. Sumenep Wiraraja Nusantara 2017 hingga 2019

KEPEMILUAN

Anggota PPS Desa Kolor di Pilgub Jatim 2013

PPS Desa Kolor di Pileg 2014

PPS Kolor pada Pilpres 2015

PPK Sumenep di Pilgub Jatim 2017

PPK Sumenep pada Pileg dan Pilpres 2018-2019

PENGHARGAAN

Sertifikat pelatihan mekanik otomotif 2003, PPGT–VEDC Malang

Piagam penghargaan dari KPU Jatim tahun 2013

Piagam penghargaan dari KPU RI tahun 2014

Piagam penghargaan dari KPU Jatim tahun 2018

Sertifikat Relawan Anti Narkoba dari BNN Kabupaten Sumenep tahun 2017

ORGANISASI

Anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran (BPC. PHRI) Sumenep 2010-2014

Wakil Ketua Cakancah’99 Sumenep 2014-2019

PC GP Ansor 2016-2019

Badan Ansor Anti Narkoba (PC. BAANAR) Deputi Bidang Pencegahan 2016-2019

Relawan Anti Narkoba BNNK Sumenep 2017-2019

Knowledge Team World Cleanup Day Indonesia (Core Team WCDI) Sumenep 2019

Komentar

News Feed