Dishub Sampang Ajukan Rp350 Juta untuk Penambahan Traffic Light

News75 views

KABARMADURA.ID | SAMPANG Belum semua persimpangan di jalur padat kendaraan di Kabupaten Sampang dilengkapi traffic light. Padahal, traffic light dibutuhkan sebagai sarana penunjang keselamatan lalu lintas. Beberapa persimpangan padat kendaraan di wilayah perkotaan pun tidak dilengkapi traffic light.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang Yulis Juwaidi mengakui, fasilitas sarana penunjang keselamatan berkendara di wilayah tugasnya memang belum lengkap. Salah satunya, yaitu traffic light yang mengatur lalu lintas kendaraan di persimpangan jalan.

Dia menyebut, pemenuhan fasilitas itu akan dilakukan secara bertahap. Pemenuhannya tetap disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Menurutnya, ada dua titik persimpangan jalan di wilayah perkotaan yang sudah seharusnya dilengkapi traffic light. 

Baca Juga:  Dishub Sampang akan Melimpahkan Pengelolaan Parkir ke Pihak Ketiga

“Secara analisis ada dua, yaitu di persimpangan Jalan Makboel dan simpang tiga Pelabuhan Tanglok,” ungkapnya.

Diakuinya, arus kendaraan di dua titik persimpangan tersebut cukup padat. Terlebih lagi setelah jalan lingkar selatan (JLS) atau Jalan Halim Perdanakusuma diaktifkan. Oleh karenanya, pihaknya berencana melakukan pengadaan traffic light baru di tahun ini.

Pihaknya akan mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp350 juta untuk pengadaan traffic light. Usulan itu akan disampaikan pada perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (PAPBD) tahun 2023 mendatang. Diharapkan, usulannya diterima oleh tim anggaran.

Baca Juga:  Desak Evaluasi Jukir Nakal, Dishub Sampang Janji Tindak Tegas

Yulis menuturkan, sepanjang tahun 2023 ini, pihaknya telah memasang traffic light di dua titik, yakni di simpang tiga Kaseran dan di simpang empat Aeng Sareh. Penambahan traffic light itu dilakukan usai Jalan Halim Perdanakusuma mulai dioperasikan.

Oleh sebab itu, Dishub Sampang mengimbau agar seluruh pengendara meningkatkan kewaspadaan. Terutama saat melintas di jalur padat kendaraan yang belum dilengkapi traffic light, seperti di persimpangan Jalan Makboel dan simpang tiga Pelabuhan Tanglok.

“Meski sudah ada traffic light kewaspadaan harus tetap ditingkatkan,” tutupnya.

Pewarta: Ali Wafa

Redaktur: Moh. Hasanuddin 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *