KPU Pamekasan Target Akhir Desember Pengiriman Logistik Tuntas

News39 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Hingga saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan masih menerima 12.266 kotak suara dari total 15.877 kotak suara. Sehingga masih tersisa 3.611 kotak suara yang belum dikirim. Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Pamekasan Mohammad Halili, Minggu (5/11/2023). 

Menurutnya, seluruh logistik pemilu 2024 akan direalisasikan tahun ini. Namun dalam pengadaannya tidak semua dihandle oleh kelembagaannya. Melainkan, ada beberapa item yang dibelanjakan langsung oleh KPU RI. Seperti, surat pemilu presiden, anggota dewan perwakilan rakyat (DPR) dan alat bantu tuna netra pemilu presiden. 

“Target kami, akhir tahun atau Desember semua logistik harus tuntas,” ujarnya kepada Kabar Madura. 

Baca Juga:  KPU Pamekasan Berharap Tidak Ada PAW Susulan

Pihaknya menuturkan, secara umum logistik pemilu terpetakan menjadi dua jenis. Pertama, perlengkapan pemungutan suara dan dukungan perlengkapan suara. Sedangkan tahapan pengadaan kotak suara merupakan kewenangan dari KPU Jawa Timur (Jatim). Paling tidak khusus daerah yang identik dengan slogan Bumi Gerbang Salam kotak suara yang sudah tiba 12.266 kotak suara. 

“Untuk surat suara (SS) masih belum, kami sudah berkoordinasi mengenai SS ini ke KPU RI, dan kami sudah melakukan pencermatan serta mengecek nama, titel dari masing-masing partai politik (parpol),” tuturnya.

Dijelaskan, setiap tempat pemungutan suara (TPS) akan ada 5 kotak suara dengan jumlah  2.448 TPS. Kemudian, 26 kotak suara cadangan yang akan didistribusikan ke setiap kecamatan.  Masing-masing kecamatan akan memperoleh jatah 2 kotak suara. Sedangkan, ketersediaan logistik disimpan di gudang logistik Jalan Raya Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan. 

Baca Juga:  Diskop UKM Naker Pamekasan Pastikan Program WUB Tidak Ada Lagi di 2024 

“Kotak suara ini sudah dikirim 3 tahap. Tahap pertama 3.165 kotak suara, tahap kedua 3.175 kotak suara dan tahap ketiga 2.315 kotak suara. Makanya, yang belum kami terima 3.611 kotak suara. Kemudian ada 4.896 botol yang akan didistribusikan ke 2.448 TPS. Masing-masing TPS akan menerima 2 botol tinta,” jelasnya. 

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *