Ribuan Buku di DPK Pamekasan dalam Proses Input, Belum Bisa Dipinjamkan

Pendidikan96 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASANPengadaan buku baru di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Pamekasan tahun 2023 sudah terealisasi pada 27 Juni lalu. Terdapat 1.755 eksemplar buku dari pengadaan tersebut. Namun buku-buku itu belum bisa diedarkan atau dipublikasikan, karena masih dalam tahap klasifikasi dan penginputan. 

“Realisasinya akhir bulan Juni kemarin. Semoga bulan ini sudah bisa dipinjam. Karena sekarang masih dalam tahap penginputan data buku baru itu. Baru setelah diinput, bukunya bisa dipinjam oleh masyarakat,” kata Kepala DPK Pamekasan Prama Jaya, Selasa (4/7/2023).

Prama menyebut, anggaran pengadaan buku itu sebesar Rp200 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Diakuinya, selama beberapa tahun terakhir tidak ada pengadaan buku baru di perpustakaan. Hal itu dikarenakan ketersediaan anggarannya dialihkan ke penanganan Covid-19. 

Baca Juga:  LPM Harokah IAI AL-Khairat Pamekasan Kunjungi KM Group, Tingkatkan Wawasan Jurnalistik

Sehingga, kata Prama, koleksi buku di perpustakaan umum hanya mengandalkan hibah atau donasi dari masyarakat umum. Ia pun berharap, dengan adanya tambahan buku baru itu dapat meningkatkan kualitas layanan kepada para pemustaka. 

Prama mengungkapkan, ada 1.755 buku dengan 440 judul  yang sudah tersedia di perpustakaan umum. Dari ribuan buku yang tersedia itu terdapat beberapa buku yang paling banyak dicari oleh pemustaka, seperti buku perbankan, statistik, manajemen, fiksi, metode penelitian, kesehatan, metode penelitian, buku best seller, dan beberapa macam buku lainnya. 

Baca Juga:  Kadisdikbud Pamekasan Bertekad Tingkatkan Akreditasi Sekolah

Untuk diketahui, berdasarkan data 2022, terdapat 51 ribu eksemplar buku dengan 24.356 judul. Sementara untuk jumlah kunjungan sepanjang 2022 lalu mencapai 15.622 pengunjung dan 50.685 pengakses jaringan yang disediakan oleh pihak perpustakaan. 

Jumlah tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding tahun 2021, yang hanya mencapai 6.029 pengunjung dan 34.162 pengakses. 

“Mekanisme peminjamannya, tentu seperti biasa. Dengan adanya buku-buku baru tersebut, semoga bisa meningkatkan kepuasan pemustaka terhadap layanan kami,” terangnya, Selasa, (4/7/2023). 

Pewarta: Safira Nur Laily

Redaktur: Moh. Hasanuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *