Tidak Dapat Izin, Pra Porprov Sepak Bola Jatim Ditunda

News163 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Pelaksanaan pra Pekan Olahraga Provinsi (Pra Porprov) Jawa Timur (Jatim) 2023 cabang olahraga (cabor) sepak bola terpaksa harus tertunda. Pasalnya, ada kendala yang dialami oleh tuan rumah.

Manajer Tim Pra Porprov Cabor Sepak Bola Pamekasan Haqi, mengatakan, harusnya, pagelaran yang dipusatkan di Lumajang itu diselenggarakan hari ini, Minggu (13/8) hingga Selasa (15/8/). Namun pelaksanaannya harus tertunda pada 15 Agustus hingga 18 Agustus mendatang.

Penundaan tersebut dikarenakan belum mendapatkan izin dari pemerintah kabupaten (pemkab) setempat.

“Harusnya hari ini kita main. Tapi karena tidak mendapatkan izin, terpaksa harus ditunda ke tanggal 15 hingga 18. Tanding hari pertama tanggal 15, hari kedua tanggal 16, dan tanding hari terakhir tanggal 18. Tanggal 17 tidak main, karena upacara,” jelas Haqi, Minggu (13/8/2023).

Haqi sangat kecewa dan keberatan atas penundaan tersebut. Pasalnya, dia dan tim sudah ada di lokasi. Sementara kondisi keuangan yang dianggarkan untuk keikutsertaannya di pra porprov itu terbilang minim. Namun, pihaknya harus tetap mematuhi keputusan tuan rumah.  Menurut Haqi, tuan rumah seharusnya mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari. Termasuk surat perizinan. Sebab hal itu menyangkut beberapa kabupaten lainnya di Jawa Timur.

Baca Juga:  Bonus Pelatih Porprov Separuh dari Atlet, KONI Pamekasan Pastikan Cair Awal Tahun 2024

Meski tidak bisa menyebutkan nominal anggaran yang disediakan untuk keikutsertaannya di ajang tersebut, Haqi menyebut ketersediaan anggaran yang didapatkan terbilang minim. Sehingga, banyak hal yang perlu disesuaikan dengan adanya anggaran. Kendati demikian, pihaknya optimis mendapatkan gelar juara di ajang pra porprov tersebut. Sehingga, bisa bertanding ke Porprov Jatim ke VIII pada September mendatang.

“Pada prinsipnya keberatan. Tapi bagaimana lagi. Lebih-lebih anggarannya terbatas. Untuk biaya pemberangkatan, kami gunakan uang pribadi dan dari pak wabup (Wakil Bupati Pamekasan Fattah Jasin, red) selalu ketua PSSI,” terang pria yang juga menjadi wakil ketua Askab PSSI Pamekasan tersebut.

Haqi berharap, pihaknya segera mendapatkan kelayakan lapangan dalam persiapan menuju porprov. Sebab, selama ini,  lapangan yang tersedia menurut Haqi kurang memadai. Untuk diketahui, terdapat 24 pemain, 4 pelatih, 3 perawat medis, dan 3 manajemen yang diikutkan pada pra porprov di Kabupaten Lumajang tersebut.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pamekasan Djohan Susanto mengatakan, sejauh ini cabor yang menyelenggarakan pra porprov masih sepak bola. Sementara untuk cabor lainnya belum dilakukan. Hal itu dikarenakan belum adanya adanya keputusan lebih lanjut dari pusat.

Baca Juga:  Cabor e-Sport Pamekasan Target Medali Emas di Porprov Jatim

“Saat ini memang masih sepak bola yang dilakukan pra porprov. Itu pun harus tertunda karena belum dapat izin dari kepolisian setempat. Sementara cabor lain masih belum,” terangnya Minggu (13/8/2023).

Sebelumnya, Djohan mengaku pelaksanaan pra porprov tersebut harusnya terlaksana di bulan Juli. Namun, karena keterbatasan anggaran dan belum mendapatkan keputusan resmi dari pusat, pelaksanaan pra porprov tersebut akhirnya terpaksa diundur. Baru bisa terealisasi bulan ini.

Menurut Djohan, ada beberapa cabor yang harus mengikuti pra porprov, seperti futsal, basket, dan taekwondo, dan lainnya. Sementara untuk cabor yang diikutkan pada ajang porprov tahun ini, terdiri dari 59 atlet, terdiri dari 12 cabor, antara lain; taekwondo, angkat besi, atletik, pencak silat, tenis meja, karate, billiard, kickboxing, muaythai, petanque, aeromodelling, bridge.

Pewarta: Safira Nur Laily

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *