1.153 Warga Kurang Mampu di Madura Peroleh Bantuan Pemasangan Listrik Baru Gratis

News52 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Selama 2023 ada sebanyak 1.153 warga kurang mampu di Madura yang mendapatkan program bantuan pasang baru listrik (BPBL) secara gratis dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia (RI).

Asisten Manajer (Asmin) Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan UP3 Perusahaan Listrik Negara (PLN) Pamekasan Enni Susilawati mengatakan, tahun ini bantuan tersebut berjalan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Madura. termasuk di Provinsi Jawa Timur (Jatim) diantaranya wilayah Madura. Secara keseluruhan di empat kabupaten di Madura ada 1.153 warga kurang mampu yang bisa menikmati listrik melalui program BPBL.

Baca Juga:  Keterlibatan UMKM Disebut Hambat Pengadaan Seragam Gratis di Sumenep

Enni menjelaskan, bantuan itu didata oleh Kementrian ESDM, kemudian ditindaklanjuti oleh UP3 PLN di masing-masing wilayah. Tindak lanjut yang dilakukan meliputi survei rumah yang akan menerima program BPBL tersebut.

Disebitman, ada 699 rumah tangga yang tercatat oleh kementrian ESDM yang masuk pada UP3 PLN Pamekasan. Jumlah itu tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Proppo, Pakong, Pasean, dan Palengaan. Bantuan tersebut sudah tersalurkan beberapa bulan lalu dan sudah bisa digunakan.

Lalu, Enni memastikan bahwa penerima bantuan itu sudah sesuai dengan aturan yang berlaku, sebab sebelum dilaksanakan pemasangan listrik dilakukan survei oleh tim khusus dari PLN Pamekasan berdasarkan dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik bagi Rumah Tangga Tidak Mampu. 

Baca Juga:  Sinergi Bersama Media, SKK Migas-KKK Jabanusa Bahas PPM untuk Dukung Ketahanan Energi

“Wilayah Madura ditangani oleh UP3 PLN Pamekasan. Untuk data, kami terima dari kementerian ESDM beserta dengan jumlahnya. Setelah itu baru dilakukan survei dan dilakukan pelaporan. Baru kemudian dilakukan pemasangan,” jelasnya.

Sementara Camat Pakong Rifki mengutarakan, program BPBL yang sudah disalurkan dinilai sangat membantu meringankan beban warga penerima.

“Saya berharap ke kepan semoga bantuan itu terlaksana dengan baik serta tepat sasaran dan sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya.

Pewarta: Moh. Farid 

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *