Anggaran Program Simpati Lansia 2024 di Pamekasan Turun Rp500 Juta dari Tahun 2023

News104 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN- Anggaran program Simpati Lansia tahun 2024 mendatang cukup rendah dibandingkan tahun ini. Tahun 2023 ini dana program tersebut tembus di angka Rp6,5 miliar. Sedangkan tahun 2024 mendatang hanya Rp6 miliar. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan Herman Hidayat Santoso, Kamis (1/12/2024).

Menurutnya, tidak sebandingnya anggaran tahun ini lantaran disesuaikan dengan ketersediaan dana. Sedangkan sumber anggaran untuk program Simpati Lansia bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2024. Secara umum, program Simpati Lansia masuk dalam kegiatan prioritas.

Baca Juga:  Hadir di Tengah Masyarakat, BRI BO Pamekasan Sediakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Pensiunan

“Pada 2024 ada pengurangan anggaran,  jadi berkurang Rp500 juta, tapi tetap diusahakan bisa tercakup, apakah nanti akan ditutupi dengan dana alokasi umum (DAK), kami masih menunggu,” ujarnya kepada Kabar Madura.

Pihaknya menuturkan, tahun 2023 ada 412 lansia yang mendapatkan manfaat dari dana tersebut. Namun diperkirakan ada 12 orang sudah keluar sebagai penerima manfaat, lantaran yang bersangkutan sudah tutup usia.  Sedangkan untuk 2024 dipastikannya akan mengakomodir l 400 penerima manfaat.

“Kami tidak mungkin mengurangi yang sudah ada, kecuali memang meninggal pasti terkurangi, tapi yang sudah menerima tidak akan terkurangi,” urainya.

Baca Juga:  Karyawan BNI Korban Pelecehan Seksual Minta Jaksa Ubah Pasal Ancaman ke Pelaku

Diakuinya, untuk penerima manfaat masih ada kemungkinan bertambah, sebab APBD 2024 baru ditetapkan, tapi belum ditetapkan, sehingga masih ada peluang perubahan, namun tumpuan kebijakan berada pada tim anggaran dan badan anggaran.

“Realisasi Program simpati lansia ini menggunakan swakelola tipe 3, dalam hal ini fatayat selaku penyedia, jadi dalam 1 hari ada 2 kali yang diberikan” tegasnya.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Totok Iswanto

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *