Berkat Kehadiran UHC, Jaminan Kesehatan di Sumenep Semakin Dirasakan

News41 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Predikat Universal Health Coverage (UHC) yang diraih oleh Kabupaten Sumenep menjadi berkah tersendiri, khususnya bagi warga yang terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari segmen yang didaftarkan pemerintah kabupaten setempat.

Predikat UHC itu diraih Pemkab Sumenep berdasarkan cakupan kepesertaan BPJS kesehatan masyarakat di daerah itu yang mencapai 1.090.103 dari total jumlah penduduk 1.123.441 (Baca grafik).

Sahrudin, warga asal Kecamatan Bluto mengatakan, sejak diterapkannya program UHC, dirinya merasakan kemudahan dalam berobat. Dia mencontohkan, pada saat sakit dan hendak berobat, dirinya hanya cukup menunjukkan KTP. Dia pun dilayani tanpa dipungut biaya sedikit pun.

“Ini bukti bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep peduli terhadap masyarakat,” katanya, Senin (13/3/2023).

Baca Juga:  Warga Pamekasan Ragu Gunakan KTP Digital

Dirinya mengakui, beberapa kali berobat di rumah sakit menggunakan layanan program JKN tidak dikenakan biaya. “Alhamdulillah, tanpa ada keluar biaya sama sekali,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, jika berobat secara mandiri, dia merasa kesulitan untuk membayarnya. Sehingga, dirinya sangat berterima kasih kepada Pemkab Sumenep, utamanya kepada Bupati dan Wakil Bupati Sumenep. “Kami saat ini merasa terlayani dengan baik, tanpa ada kendala apapun,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Udin itu mengaku puas dengan layanan yang diberikan melalui program JKN dan berharap Pemkab Sumenep dapat terus menjamin kesehatan seluruh masyarakatnya melalui UHC. “Saya tidak merasa dibeda-bedakan dengan pasien lainnya. Artinya, bidang kesehatan di Sumenep cukup luar biasa,” tandasnya.

Baca Juga:  Ketua Dekranasda Pamekasan: Kerajinan Lokal Bisa Bersaing Secara Global

Dia pun mengaku, tidak terbayang sudah berapa banyak masyarakat yang terbantu dan merasakan langsung manfaat dari iuran JKN yang ditanggung oleh Pemkab Sumenep ini. “Semoga dapat dirasakan masyarakat lain yang memerlukan pengobatan,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep Akis Jazuli, terus mendorong Pemkab setempat agar pelayanan kesehatan di daerahnya terus membaik.

“Semoga bupati dan wakil bupati Sumenep terus menjalankan tugasnya untuk kesejahteraan masyarakat dalam bidang apapun, misalnya di bidang kesehatan, infrastruktur, pendidikan dan lainnya,” tutupnya.

Pewarta: Imam Mahdi 

Redaktur: Moh. Hasanuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *