Bupati Sumenep Ajak Peringati HUT RI Ke-78 dengan Kebahagiaan

News87 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di halaman Kantor Bupati, Kamis (17/8/2023). Kegiatan tersebut berjalan khidmat dengan diikuti oleh jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) dan sejumlah perwakilan siswa di Sumenep.

Pada kesempatan ini, Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, semangat kemerdekaan dan kebanggaan sebagai bangsa terus berkobar. Menurutnya, hal itu penting untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Perjuangan para pahlawan terdahulu harus terus dikenang dan dijadikan contoh,” katanya saat menyampaikan amanat upacara.

Bupati Fauzi menegaskan, kita perlu menunjukkan kebahagiaan dalam memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia. Mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif, yang bisa membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik.

Tahun ini, Pemkab Sumenep mengundang para siswa untuk mengikuti upacara 17 Agustus. Bupati Fauzi menyebut, pihaknya hendak mengenalkan bahwa Indonesia terdiri dari berbagai suku budaya. Selain itu, juga ingin menanamkan semangat kemerdekaan kepada mereka agar tetap optimistis menghadapi masa depan.

Baca Juga:  Wujudkan Kemajuan, Bupati Sumenep Selalu Ingin Bersinergi dengan Masyarakat

“Anak-anak ini diundang dengan menggunakan berbagai baju adat, karena kita ini banyak memiliki agama, bahasa, dan suku,” bebernya.

Melalui momentum HUT RI ke-78 ini, politisi PDI Perjuangan itu berharap, pertumbuhan ekonomi dan indeks pembangunan manusia (IPM) menjadi lebih baik, serta angka kemiskinan dan stunting mengalami penurunan.

“Saya harap kita bisa jaga terus keutuhan NKRI, dan semoga Pemerintah Kabupaten Sumenep lebih baik dan maju,” tambahnya.

Bupati Fauzi juga mengajak masyarakat untuk terus memupuk rasa nasionalisme dan kecintaan pada bangsa Indonesia, Salah satunya dengan tidak sekali-kali acuh terhadap perjuangan para pahlawan terdahulu.

“Bukan hanya pada setiap 17 Agustus saja kita bersemangat, tetapi hari esok, lusa, dan seterusnya perlu dijaga rasa kecintaan kita terhadap NKRI,” tukasnya.

Baca Juga:  Bupati Sumenep Berhasil Tumbuhkan Produktivitas Lahan Marginal, Diganjar Penghargaan Gubernur Jatim

Sementara itu, Ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir memberikan apresiasi terhadap upaya pemkab yang menghadirkan suasana berbeda dalam peringatan HUT RI tahun ini, yakni melibatkan siswa SD dan SMP dengan memakai baju adat.

“Ini ide yang bagus, anak-anak dapat mengetahui pelaksanaan upacara tahunan ini,” kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Kiai Hamid berharap, generasi muda terus maju, karena akan menjadi pemegang estafet kepemimpinan, utamanya di Kabupaten Sumenep. Pemuda hari ini adalah pemimpin di hari esok.

“Sesuai tema HUT RI saat ini, semoga “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,” tutupnya.

Pewarta: Imam Mahdi

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *