Dewan Pendidikan Sampang Ingatkan Sekolah Terapkan Kurikulum Merdeka dengan Benar

Pendidikan137 views

KABARMADURA.ID | SAMPANGSeluruh lembaga pendidikan di semua jenjang di Kabupaten Sampang akan segera menerapkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum baru itu akan mulai diterapkan pada tahun ajaran baru 2023, atau Juli mendatang.

Ketua Dewan Pendidikan Sampang Achmad Mawardi menyampaikan, Kabupaten Sampang dilaporkan telah siap menerapkan Kurikulum Merdeka di semua jenjang pendidikan. Namun ada beberapa catatan dari Dewan Pendidikan Sampang untuk seluruh sekolah.

Mawardi mengingatkan Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang berikut seluruh sekolah di bawah naungannya agar menerapkan Kurikulum Merdeka dengan benar. Sebab, saat penerapan kurikulum 2013 (K13), kerap ditemukan sekolah yang dalam praktiknya masih seperti kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).

Baca Juga:  Disdik Sampang Gelar Gebyar PAUD, Upaya Tingkatkan Potensi Anak Usia Dini

“Dulu ada saya temukan sejumlah sekolah yang hanya labelnya saja K13, tapi pelaksanaannya masih pola KTSP,” ucapnya.

Oleh sebab itu, pihaknya tidak ingin kurikulum merdeka di Sampang hanya sebatas label, sementara implementasinya masih menerapkan pola K13. Karena menurut Mawardi, sudah bukan zamannya lagi guru mengajar dengan cara klasik, seperti siswa diminta menulis ke depan.

Tidak hanya itu, Dewan Pendidikan Sampang juga meminta agar para kepala sekolah meningkatkan kompetensi diri dengan terus belajar melalui laman-laman yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Baca Juga:  Pembangunan DAK Fisik Pendidikan di Pamekasan Menunggu Pencairan Tahap Tiga

Mengingat telah adanya sekolah di Sampang yang mendapatkan surat keputusan (SK) Sekolah Penggerak, maka Dewan Pendidikan Sampang berharap, sekolah-sekolah itu akan menggerakkan sekolah-sekolah di sekitarnya.

“Tapi yang tidak kalah penting yaitu bagaimana pendampingan yang dilakukan oleh pengawas dan pembina sekolah itu,” pungkasnya.

Pewarta: Ali Wafa

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *