DPMD Pamekasan Usulkan 6 BUMDes Peroleh Bantuan Keuangan

News20 Dilihat

KABARMADURA.ID | PAMEKASANDinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan hanya mengusulkan 6 Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) untuk mendapatkan Bantuan Keuangan (BK) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim).

 Kepala DPMD Pamekasan Fathorrachman melalui staf bidang pemerintah desa (Pemdes) Rachman menyampaikan, usulan untuk mendapatkan BK ke Pemprov Jatim sebagai upaya pemkab dalam mendorong kemajuan ekonomi di desa. Bantuan tersebut biasanya difokuskan di bidang wisata dan pertanian.

“Yang kami usulkan ada 6 BUMDes. Tapi apakah semuanya mendapatkan, masih belum diketahui, karena surat keputusannya masih belum keluar,” paparnya, Selasa (24/1/2023).

Dia menjelaskan, dari 6 BUMDes yang sudah diusulkan sudah berbadan hukum semua, tetapi masih bergantung terhadap keputusan Pemprov Jatim, apakah semua yang diusulkan akan menerima semua atau tidak. Secara terperinci, 6 BUMDes yang sudah diusulkan yakni; BUMDes Pademawu Barat, BUMDes Padelegan, BUMDes Branta Pesisir, BUMDes Sotabar, BUMDes Laden, dan BUMDes Toronan.

Baca Juga :  Praktik Mengakali Pelat Mobdin Sudah Terbiasa di Bangkalan

“Pertimbangan kami, karena unit usahanya sudah jelas, BUMDesnya sudah berjalan, dan berbadan hukum. Sebab, permintaannya provinsi harus yang sudah berbadan hukum,” tuturnya.

Diakuinya, untuk kejelasan 6 BUMDEs tersebut menerima BK atau tidak dari Pemprov Jatim dapat diketahui pada pertengahan Bulan Februari beserta pagu anggaran yang diberikan. “Sementara untuk tahun 2023 untuk alokasi anggaran yang akan diberikan masih belum ada kejelasan,” Imbuhnya.

Diketahui, pada tahun 2021 dan 2022 lalu terdapat 6 BUMDes yang mendapatkan bantuan keuangan dari Pemprov Jatim.

 Usulan BUMDes Peroleh BK

2021

6 BUMDes

BUMDes Bulangan Haji,

BUMDes Waru Barat,

BUMDes Kertagenah Tenga,

BUMDes Panempan,

BUMDes Pagendingan,

BUMDes Tobungan.

2022

6 BUMDes

BUMDes Desa Tampung,  

BUMDes Desa Pademawu Timur, 

BUMDes Desa Ponteh, 

BUMDes Desa Gagah, 

BUMDes Desa Kertagenah Daya, 

BUMDes Desa Rekerek.

2023

6 BUMDes

BUMDes Pademawu Barat, 

BUMDes Padelegan, 

BUMDes Branta Pesisir, 

Baca Juga :  KKN-T 26 UTM, Optimalkan Alat Pendeteksi Kesuburan Tanah di Desa Ketapang Timur

BUMDes Sotabar, 

BUMDes Laden,

BUMDes Toronan.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif  

Redaktur: Moh Hasanuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *