Istikamah Belajar 10 Menitt setiap Hari, Firza Juara Lomba Mendongeng Bahasa Madura

News64 views

KABARMADURA.ID | Menjadi pemenang perlu keistikamahan belajar, sebab tidak segampang membalikkan telapak tangan. Seperti Faiqah Firzatillah, selalu meluangkan waktu 10 menit untuk selalu belajar dalam setiap harinya. Sehingga berhasil dinobatkan sebagai juara II pada ajang lomba mendongeng bahasa Madura pada tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur pada 2023.

IMAM MAHDI, SUMENEP

Gadis kelahiran Sumenep, 31 Juli 2008, ini memiliki prinsip menghadapi tantangan yang ditemui maka tantangan itu akan menjadi jembatan kesuksesan. Hal itulah yang dipegang erat-erat oleh siswi MTs Negeri 1 Sumenep ini.

Pelajar yang akrab disapa Firza itu, penuh tantangan dan liku-liku dalam menghadapi semuanya. Namun, setiap kesulitan pasti ada jalan, maka terus berjuang hingga meraih kesuksesan.

Baca Juga:  Disdikbud Pamekasan Lestarikan Bahasa Madura dengan Penyusunan Modul

“Lomba itu pelaksanaannya online lalu tampil kembali saat penerimaan hadiah,”katanya, Kamis (30/11/2023).

Awalnya tidak ada keahlian dalam berbahasa Madura. Tetapi dirinya mempunyai keahlian dalam mendongeng. Lalu salah satu guru bahasa maduranya, yakni Zaini, memanggil untuk mencoba belajar mendongeng dengan bahasa Madura.

Awalnya kaku, karena tidak terbiasa menggunakan bahasa Madura, tetapi dia terus mencoba untuk belajar dan menghafal. Selama proses belajar, dirinya didampingi oleh Zaini dan Nurhasanah selaku pembimbingnya.

“Saya belajar dan menghafal kurang lebih 2 minggu lamanya,” ucap wanita asal Desa Giring Kecamatan Manding itu.

Pada pelaksanaan lomba online, dia mengaku memiliki banyak masalah, mulai dari kesalahan kecil seperti lupa alur cerita, kamera tidak memadai, dan permasalahan lainnya.

Baca Juga:  Zaini, Seorang Guru yang Konsisten Lestarikan Bahasa Madura hingga Menerbitkan Buku Ajar

Karena dia merasa akan sulit untuk mengambil video,  maka terus mencoba kembali Alhamdulillah di hari Minggu semua berjalan dengan lancar.

Setelah mengikuti lomba, Firza  menunggu pengumuman hampir dua minggu lamanya, karena ada kendala dari pihak panitia. Akhirnya diumumkan bahwa dinobatkan menduduki juara 2 pada ajang lomba mendongeng bahasa Madura pada tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur.

“Saya belajar sekitar 10 menit dengan waktu istirahat 3 menit setiap harinya. Saya belajar dengan pembimbing saya, setiap hari kami berlatih hingga siang hari, ya itu berkat keistikamahan.” pungkasnya.

Pewarta: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *