KONI Sampang Meminta Sekolah Beri Dispensasi Atlet 

Pendidikan68 views

KABARMADURA.ID | SAMPANGKabupaten Sampang akan turut berpartisipasi dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke-8 yang akan digelar pada September mendatang. Puluhan atlet dari 14 cabang olahraga (cabor) sedang dipersiapkan untuk merebut medali Porprov Jatim.

Sebagai bentuk keseriusannya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sampang memfasilitasi para atlet dengan pemusatan latihan di Surabaya. Terdapat 39 atlet dari 9 cabor tengah mengikuti pemusatan latihan tersebut. Mereka sudah lima bulan dikarantina.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Pemusatan latihan itu akan dilalui selama tujuh bulan. Sebagian dari para atlet itu dari unsur siswa sekolah jenjang menengah atas. Sehingga, KONI telah memohonkan dispensasi kepada masing-masing sekolah agar memberikan izin siswanya mengikuti pemusatan latihan di Surabaya.

“Kami sudah komunikasi dengan sekolah-sekolah. Siswa yang akan ikut porprov nanti dikarantina untuk ikut pemusatan latihan. Jadi sementara tidak aktif sekolah dulu,” ucap Ketua KONI Sampang, Abd. Wasik.

Baca Juga:  KONI Pamekasan Berharap Anggaran Khusus Pembinaan Prestasi Olahraga 

Dijelaskannya, meski para atlet itu tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM), namun saat waktu ujian tiba, mereka kembali ke sekolah untuk mengikuti ujian. Setelah itu, mereka kembali ke Surabaya untuk mengikuti pemusatan latihan. Hal itu bentuk keringanan dari sekolah.

Sebab kata Wasik, motivasinya di porprov tahun ini lebih besar dari tahun lalu. Di porprov ke-7 tahun 2022 lalu, Kabupaten Sampang berada di peringkat 37 dari 38 kabupaten dan kota. Sehingga tahun ini, KONI Sampang dituntut untuk menaikkan prestasi olahraga.

Selain itu, motivasi lainnya adalah karena periode ini akan menjadi periode terakhir bagi Wasik dalam memimpin KONI Sampang. Di awal tahun 2024 akan tiba saatnya pergantian kepengurusan KONI. Oleh sebab itu, kepengurusan KONI tahun ini tidak ingin mencatatkan sejarah buruk.

Baca Juga:  Duduki 20 Besar Porprov Jatim 2023, Perolehan Medali Kontingen Sampang Meningkat Signifikan

Pihaknya optimistis, di porprov yang akan datang, Kabupaten Sampang dapat meningkatkan prestasi olahraganya. Sebab, seluruh atlet yang akan diberangkatkan telah memperoleh medali di kejuaraan provinsi (kejurprov) dan kejuaraan daerah (kejurda) di masing-masing cabor.

Kendati begitu, Wasik belum mau mengungkapkan, apakah dirinya akan kembali maju sebagai calon ketua KONI Sampang. Dia berdalih masih fokus mempersiapkan penyelenggaraan Porprov Jatim ke-8 dan pembinaan serta pencarian bibit baru di masing-masing cabor.

“Saya masih fokus di porprov. Yang saya pikirkan bagaimana di porprov nanti Sampang naik tingkat,” pungkasnya.

Pewarta: Ali Wafa

Redaktur: Moh. Hasanuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *