Pendopo Wabup Sampang Akan Dibongkar Bulan Depan

News236 views

KABARMADURA.ID | SAMPANG -Perwajahan rumah dinas Wakil Bupati (Wabup) Sampang akan segera berubah. Pendopo wabup itu telah direncanakan dilakukan rehabilitasi tahun ini.

Hal itu diungkapkan sendiri oleh Wabup Sampang Abdullah Hidayat saat mengisi sambutan dalam acara diskusi yang digelar oleh komunitas Madura Heritage di Pendopo Wabup, Sabtu (3/6/2023) lalu. Menurutnya, pendopo wabup itu akan dibongkar dalam waktu dekat.

“InsyaAllah bulan depan pendopo ini akan dibongkar. Akan dibangun pendopo yang baru. Anggarannya sudah ada. Ini positif. Kata orang Sampang ini A satu,” ungkap mantan kepala desa (kades) Bringin Nunggal, Kecamatan Jrengik tersebut.

Saat dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sampang Muhammad Zis menyebutkan, kegiatan rehabilitasi pendopo wabup itu tidak ditangani institusinya, melainkan oleh Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sampang.

Baca Juga:  DPKS Antisipasi Penyimpangan PIP yang Dianggap Kerap Terjadi di Sumenep

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Sampang Cocok Hadi Sutrisno belum mau mengungkapkan besaran dana yang disiapkan untuk rencana rehabilitasi rumah dinas Wabup Sampang. Bahkan dia enggan memastikan bahwa pembongkaran dilakukan bulan depan.

Meski begitu, Sutrisno membenarkan bahwa rehabilitasi rumah dinas wabup diusahakan terlaksana tahun ini. Kegiatan tersebut telah tercantum dalam perencanaannya. Hanya saja, besaran anggarannya tidak disebut karena saat ini masih dalam tahap lelang konsultan perencana.

“Belum, nunggu proses. Nanti masih melalui tahap lelang dulu. Ini masih proses perencanaan, masih dihitung,” ujarnya.

Sementara hasil pemantauan Kabar Madura di laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Sampang, tahap lelang konsultan perencana telah selesai. Pemenangnya yaitu CV. Nandha Graha Const yang beralamat kantor di Jalan Jokotole, Pamekasan.

Baca Juga:  Dua Punggawa Baru Madura United FC Resmi Terdaftat di LIB

Nilai kontrak yang disepakati dengan CV. Nandha Graha Const yaitu sebesar Rp198 juta. Dalam uraian singkatnya, tugas konsultan perencana salah satunya yaitu melakukan survei atau pengukuran, menyusun rencana, dan menghitung rencana anggaran biaya (RAB).

Diketahui, kondisi Pendopo Wabup Sampang memang tidak semegah pendopo bupati. Selain kapasitas yang lebih terbatas, bangunan rumah dinas wabup juga terlihat usang di beberapa sudut. Rehabilitasi terakhir dilakukan pada tahun 2013 berupa pemasangan paving di halaman depan.

Pewarta: Ali Wafa

Redaktur: Sule Sulaiman

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *