Puskesmas Lenteng Disebut Pernah Tolak Pasien dengan Dalih Persiapan Akreditasi

News185 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Lantaran tidak memuaskan, pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Lenteng kerap mendapatkan keluhan dari masyarakat sekitar. Akibatnya, demi mendapatkan pelayanan sesuai harapan, warga lebih memilih untuk berobat di puskesmas lain di sekitarnya.

Salah seorang warga Kecamatan Lenteng yang enggan disebutkan namanya mengatakan, sejatinya buruknya pelayanan di Puskesmas Lenteng memang sudah sering dikeluhkan oleh masyarakat setempat.

“Itu sudah jadi rahasia umum sebenarnya, karena rata-rata warga sekitar sudah tahu itu, jadi tidak heran lagi. Sudah lama pelayanan di Puskesmas Lenteng sering mendapat komentar tidak sedap dari masyarakat,” katanya.

Dia menyebut, beberapa masyarakat di Lenteng lebih memilih untuk menjalani pelayanan rawat inap di puskesmas lain.

Baca Juga:  Pastikan Pilkada Berjalan Sesuai Regulasi, KPU Pamekasan Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Sebetulnya, kata dia tak hanya tentang pelayanan di bagian rawat inap, masyarakat juga menilai, sikap petugas kesehatan disana tidak ramah, bahkan pelayanan kontrol pasien rawat jalan, hingga tempat kunjung untuk keluarga pasien, seolah tidak diperhatikan dengan baik oleh Puskesmas Lenteng.

Bahkan, petugas sempat menolak pasien itu dengan dalih masih mempersiapkan proses akreditasi.

Banner Iklan

“Makanya saya tidak heran lagi, kalau banyak masyarakat yang memilih tempat lain, karena tidak dilayani dengan baik,” imbuhnya.

Saat dikonfirmasi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Sumenep Agustiono Sulasno mengatakan, pihaknya telah memberikan arahan dan teguran keras kepada kepala Puskesmas Lenteng, agar hal serupa tidak lagi terjadi.

Baca Juga:  Muslimat NU Kepulauan Sumenep Dukung 02 Lanjut Dua Periode

Dia juga mengaku sudah menekankan agar tidak boleh lelah dalam memberikan pelayanan dan harus terus mengalami pembenahan agar mampu memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal pada masyarakat. Tapi sayangnya, imbauan itu tidak terlalu direspon oleh pihak Puskesmas Lenteng.

“Dan kapusnya (kepala puskesmas) sudah diberi teguran, agar tidak mengulangi lagi. Karena bagaimanapun, semua pelayanan atau kegiatan di Puskesmas harus berjalan dengan baik,” tutupnya.

Kabar Madura mencoba menghubungi Kepala Puskesmas (Kapus) Lenteng Drg. Dela Maulana Ansyari, baik melalui pesan maupun panggilan WhatsApp, akan tetapi tidak mendapatkan tanggapan apa pun.  Termasuk ditelpon berkali-kali juga tidak merespon.

Pewarta: Moh. Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *