Rudi Arifianto Resmi Dilantik Jadi Pj. Bupati Sampang

News495 views

KABAR MADURA | Rudi Arifianto resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Sampang oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Nomor 7 Surabaya, Selasa (30/1/2024), sekitar pukul 20.00 WIB.

Diketahui, sebelumnya Rudi Arifianto  menjabat sebagai sekretaris Deputi Kebijakan Pembangunan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN). Rudi diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) oleh sejumlah fraksi DPRD Sampang, meliputi Fraksi PPP, Demokrat, Golkar, PAN/PKS, dan Perjuangan Rakyat.

Sekretaris DPC PPP Sampang Faqih Anis Fuad berharap, Pj. Bupati Sampang terlantik dapat menjalankan tugas dan wewenangnya sesuai ketentuan Pasal 15 Ayat (1) Permendagri Nomor 4 Tahun 2023. Penjabat (Pj) kepala daerah, gubernur, bupati, dan walikota memiliki tugas, kewenangan, kewajiban, dan larangan yang sama dengan tugas, wewenang, kewajiban, dan larangan bupati sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai pemerintahan daerah.

Selain itu, Gus Faqih menginginkan Pj bupati Sampang bisa cepat beradaptasi dalam membangun sinergitas dengan semua stakeholder yang ada.

Baca Juga:  Sejumlah Proyek yang Didanai APBD di Sampang Gagal Tender

“Selamat bertugas kepada Bapak Rudi Arifiyanto sebagai Pj. bupati Sampang. Semoga bisa membawa Kabupaten Sampang lebih baik, melanjutkan program dan kebijakan yang baik dan memperbaiki yang kurang selama ini,” tuturnya kepada Kabar Madura.

Hal senada diutarakan Ketua Fraksi Golkar DPRD Sampang Ubaidillah. Dia berharap, Pj bupati bisa menjaga dengan baik sinergitas antara eksekutif dengan legislatif. Hal-hal baik yang sudah dijalankan semoga terus dilanjutkan.

Menurutnya, ada waktu sekitar satu tahun untuk mengantarkan Kabupaten Sampang lebih baik lagi. Untuk agenda terdekat kali ini adalah bagaimana bisa menciptakan kondusifitas dan mensukseskan pemilihan umum (pemilu) pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Pj bupati ini bertanggung jawab semua, memastikan bahwa roda pemerintahan berjalan dengan baik dan eskalasi di akar rumput tercipta kondusifitas,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Fraksi PAN/PKS Nasafi mengungkapkan, Fraksi PAN yang merupakan salah satu pengusul sedari awal sudah berkomitmen untuk terus mengawal siapa yang diusung. Pihaknya berharap dengan terpilihnya Pj bupati Sampang ini dapat memberikan yang terbaik.

Baca Juga:  Pemkab Pamekasan Kurangi Target Pajak Rp2 Miliar di 2024

“Kami harapkan (Rudi) bisa melanjutkan program sebelumnya dan memperbaiki yang kurang baik, serta memprioritaskan yang belum tercapai di kepemimpinan Sampang Hebat Bermartabat ini, sehingga Sampang terus lebih baik,” harapnya.

Untuk Diketahui, sebelumnya DPRD Sampang mengusulkan tiga calon Pj bupati Sampang ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sekitar November 2023 lalu. Pertama ada nama Sekretaris Daerah (Sekda) Sampang H. Yuliadi Setiawan, yang diusulkan oleh enam fraksi, yakni PKB, Nasdem, Gerindra, Golkar, PAN/PKS, dan Perjuangan Rakyat.

Kemudian, Sekretaris Deputi Kebijakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Rudi Arifiyanto, yang diusulkan oleh lima fraksi, meliputi PPP, Demokrat, Golkar, PAN/PKS, dan Perjuangan Rakyat. Terakhir, Direktur Politeknik Negeri Madura Laily Ulfiyah, yang diusulkan oleh tiga fraksi, yakni  PKB, Nasdem, dan Golkar.

Pewarta: Subhan

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *