Satpol PP Pamekasan Incar Siswa Bolos Sekolah

News79 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Razia terhadap siswa bolos sekolah hampir setiap hari dilaksanakan. Tujuannya, hanya untuk memberikan imbauan agar golongan remaja giat belajar atau mengenyam pendidikan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum dan Ketenteraman Perlindungan Masyarakat (Trantibun Limnas) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pamekasan Achmad Junaidi, Kamis (9/11/2023).

Menurutnya, terdapat beberapa titik yang menjadi tempat siswa bolos sekolah. Masing-masing, Stadion Ratu Pamelingan Desa Ceguk Kecamatan Tlanakan, Taman Arek Lancor dan Gladak Anyar. Apabila ditemukan siswa bolos sekolah dan berbuat tidak senonoh maka ditindak melalui pembinaan. Apabila tetap melakukan hal yang sama, tindakan selanjutnya berupa pemanggilan kedua orang tua.

Baca Juga:  Satpol PP Pamekasan Belum Berani Bertindak Tegas Tertibkan PKL Tempati Area Terlarang

“Jadi di internal kelembagaan kami memang ada program razia terhadap anak bolos sekolah. Untuk tindakannya, kami langsung bawa ke kantor untuk dilakukan pembinaan,” ujarnya kepada Kabar Madura.

Pihaknya menuturkan, pemanggilan kedua orang tua tidak lain hanya untuk memberikan penjelasan kepada orang tua siswa tentang kelakuan anaknya. Sehingga kedua orang tua siswa nantinya memberikan arahan terhadap anaknya. Terlebih bisa mengoptimalkan pemantauan demi peningkatan pendidikan anak. Bila perlu, memberikan sanksi tegas terhadap anak demi kebaikan bersama.

“Intinya kami tidak hanya sekedar memanggil orang tua dan urusan selesai. Tapi kami juga akan memberikan tindakan sesuai dengan surat yang kami berikan pada sanksi pertama dan kedua. Yang jelas surat itu sudah ditandatangani oleh siswa,” tuturnya.

Baca Juga:  Satpol PP Pamekasan Ajak Linmas Berperan Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Ditegaskan, selama tahun 2023 ini hanya ada dua kejadian siswa bolos yang berhasil ditangani oleh instansinya. Yakni pada bulan Oktober kemarin. Diharapkan, kejadian serupa tidak lagi ditemukan di daerah yang identik dengan slogan Gerbang Salam. “Intinya kami akan juga ikut serta memantau para siswa yang bolos, demi keoptimalan bidang pendidikan,” tegasnya.

Pewarta: Moh. Farid

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *