Wisata Air Somber Raja Sumenep Mulai Jadi Primadona

News166 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Untuk memaksimalkan potensi alam yang ada, Pemerintah Desa (Pemdes) Rombiya Timur, Kecamatan Ganding mengelola air sumber yang terus mengalir tanpa  mengenal musim. 

Objek wisata alam itu bernama Somber Rajeh. Kini mendadak menjadi primadona wisatawan usai di-lanching pada beberapa bulan lalu di awal tahun 2023 ini.

Salah satu pengelola wisata Somber Rajeh, Yusji, mengatakan bahwa potensi alam itu sebab memang sering dijadikan tempat pemandian dari berbagai daerah, sehingga sumber mata airnya cukup itu juga dimanfaatkan dengan dimodifikasi. Kini, objek wisata itu langsung menyedot ribuan pengunjung. 

Baca Juga:  Dana Pokir DPRD untuk Pengadaan PJU di Pamekasan Terbatas

“Awalnya kami melihat potensi di sumber itu, yang mana sumber tersebut mempunyai sumber mata air yang melimpah,” kata dia. 

Pengunjung sudah ribuan, terutama ketika usai Lebaran Ketupat, dan hari-hari libur. Menurutnya, jumlah pengunjung bisa lebih banyak andai tidak terkendala cuaca. Hal itu terlihat dari antusiasme wisatawan yang datang meski tempat tersebut masih proses pembangunan. 

Ia mengakui, pembangunan sarana pendukung wisata alam itu belum rampung seratus persen,  saat ini terus dikerjakan. Untuk mempercepat pembangunan, biayanya diambil dari tarif masuk yang diterapkan Rp5 ribu per orang. 

Baca Juga:  DPKS Bersiap Serahkan Rekomendasi Kejanggalan DAK Fisik Sekolah ke BPKP dan APIP

“Harapan kami, dengan adanya wisata tersebut, mampu mengangkat taraf perekonomian masyarakat dan mengurangi pengangguran di desa kami,” imbuhnya. 

Wisata ini berjarak sekitar 22 kilometer ke arah barat Kota Sumenep, dengan waktu tempuh sekitar setengah jam menggunakan kendaraan bermotor. Jika lewat jalan Pamekasan-Sumenep, bisa melewati Desa Prenduan Kecamatan Pragaan. 

Pewarta: Moh. Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *