5 Tempat Wisata Menarik di Madura di Sekitar Jembatan Suramadu

Uncategorized30 Dilihat

KM.ID | BANGKALAN — Provinsi Jawa Timur menyimpan banyak sekali tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Madura yang terletak di bagian utara Surabaya. Memang masih banyak orang yang belum mengetahui potensi wisata yang dimiliki oleh Madura dan salah satu alasannya karena lokasinya yang dahulu cukup sulit untuk didatangi.

 

Setelah pembangunan Jembatan Suramadu terselesaikan dan diresmikan pada tahun 2009, akses menuju Madura lebih mudah. Sebelumnya, untuk menuju ke Madura orang-orang harus menaiki kapal dan menempuh perjalanan lewat laut selama 1-2 jam. Saat ini setelah adanya Jembatan Suramadu, jarak tempuh dari Surabaya ke Madura hanya memerlukan waktu 10 menit saja menggunakan kendaraan bermotor.

 

Dengan akses menuju Madura yang lebih mudah, tidak ada salahnya untuk sesekali mengunjungi pulau tersebut dan menikmati berbagai tempat menarik yang ada di sana. Untuk pengunjung yang baru pertama kali mendatangi Pulau Madura, berikut ini kami telah merangkum beberapa tempat wisat yang terletak tidak jauh dari Jembatan Suramadu.

 

Pantai Goa Petapa

 

Berjarak sekitar 3 kilometer dari pintu keluar Jembatan Suramadu, terdapat sebuah pantai yang bernama Pantai Goa Petapa. Para wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 10-15 menit untuk menuju ke pantai ini setelah melalui Jembatan Suramadu.

 

Pantai yang satu ini merupakan objek wisata yang tergolong baru dan memang sengaja dikelola oleh masyarakat sekitar untuk menarik wisatawan berkunjung ke Madura. Fasilitas yang tersedia memang belum terlalu banyak, tetapi beberapa fasilitas utama seperti toilet, tempat duduk dan warung sudah tersedia di sini.

Baca Juga :  Pemilik Jutaan Batang Rokok Ilegal Belum Terungkap, Bea Cukai Madura: Alamat dan Pengirim Tidak Jelas!

 

Dihiasi oleh beberapa tanaman bakau dan memiliki pemandangan megahnya Jembatan Suramadu, membuat kunjungan ke pantai ini tidak sia-sia. Pantai ini cocok bagi Anda yang ingin bersantai sejenak melepas lelah setelah perjalanan. Tidak hanya itu, pada senja dan malam hari Anda dapat menyaksikan indahnya pemandangan gemerlap Kota Surabaya dari pantai ini.

 

Dermaga Rindu

 

Setelah memasuki Pulau Madura, mungkin ada baiknya untuk mampir ke Dermaga Rindu atau biasa disebut juga dengan Pantai Rindu. Di sini para wisatawan bisa menikmati pengalaman makan atau sekedar nongkrong di atas dermaga sembari menikmati suasana dan pemandangan Jembatan Suramadu.

 

Yang menjadi daya tarik di lokasi ini adalah konsep dari cafe yang berbentuk seperti kapal. Dengan bentuknya yang unik, banyak sekali orang yang ingin berfoto atau sekedar menikmati makan di lokasi yang tidak biasa tersebut. Cocok sekali untuk Anda yang ingin beristirahat setelah melakukan perjalanan dan menikmati pemandangan selat Madura. Lokasi dari Dermaga Rindu ini juga tidak jauh dari Jembatan Suramadu, hanya berjarak sekitar 2 kilometer dan dapat ditempuh sekitar 5-10 menit perjalanan.

 

Wisata Bukit Anjhir

 

Bagi yang ingin menikmati suasana perbukitan dengan pemandangan indah dan udara yang segar bisa memutuskan untuk mengunjungi Wisata Bukit Anjhir atau Taman Bukit Anjhir. Hanya menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari pintu keluar Jembatan Suramadu, wisatawan bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke sini.

Baca Juga :  Keberadaan Batching Plant di Desa Aeng Sareh Dinilai Ilegal

 

Dengan area perbukitan yang terhampar cukup luas, tempat ini cocok sekali untuk mengambil berbagai foto yang estetik. Terdapat beberapa bebatuan unik dan titik berfoto yang menampilkan pemandangan yang cukup indah. Bagi yang ingin berkemah atau sekedar bersantai di sore hari, tempat ini patut dipertimbangkan untuk dikunjungi.

 

Bukit Jaddih

 

Salah satu bukit lainnya yang tak kalah memiliki pemandangan indah adalah Bukit Jaddih. Bukit ini adalah susunan dari bukit kapur yang dikelola dan dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat menjadi objek wisata. Pesona bukit kapur dengan warna bebatuan putih menjadi salah satu daya tarik dari tempat ini.

 

Dengan pengelolaan tempat wisata yang cukup serius, di sini terdapat berbagai pahatan pada dinding bukit kapur dan juga batu kapur yang dipahat sedemikian rupa sehingga memberi kesan indah. Di sini juga terdapat kolam untuk berenang dan berbagai fasilitas lainnya yang terbilang cukup lengkap.

 

Harga tiket masuk juga tidak terlalu mahal, cukup membayar Rp5000 saja, wisatawan sudah dapat memasuki tempat wisata dan mengelilingi kawasan wisata. Di sini juga banyak sekali tempat berfoto yang tidak dipungut biaya lebih sehingga wisatawan bebas untuk berfoto di mana saja.

Baca Juga :  Madrasah Memanggil, PWI Siap Terjun Berbagi Pengetahuan Jurnalistik

 

Mercusuar Bangkalan

 

Untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi Kota Bangkalan melewati jalur barat, mungkin bisa mampir ke mercusuar Bangkalan yang berlokasi di Jalan Sembilangan, Socah, Slempit, Pernajuh, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan. Lokasi mercusuar satu ini berjarak sekitar 40 menit perjalanan dari Jembatan Suramadu.

 

Mampir ke mercusuar ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat ketika Anda sudah lelah dengan jalan rusak di perjalanan ataupun hanya ingin singgah melihat laut dan Kota Gresik yang berada di seberang. Dari puncak mercusuar, akan terlihat keindahan Laut Jawa dari ketinggian dan aktivitas kapal yang sibuk berlalu lalang.

 

Tiket masuknya juga cukup murah, yaitu hanya sekitar Rp3000 per orangnya. Dengan harga tersebut, pengunjung juga bisa memasuki mercusuar yang memiliki tinggi 65 meter dengan 17 lantai ini. Sembari menikmati pemandangan laut, tentu saja para pengunjung dapat mengabadikan momen lewat foto menggunakan kamera HP Android di mercusuar ini.

 

Nah, itulah beberapa tempat wisata yang lokasinya tidak begitu jauh dari Jembatan Suramadu di Pulau Madura. Saat ini masih banyak orang yang masih belum mengenal dan mengetahui tempat wisata yang berada di Pulau Madura. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda yang memiliki kesempatan untuk dapat mengunjungi salah satu dari lokasi yang telah disebutkan di atas. Selamat berwisata! (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *