Bansos DBHCHT Sumenep Mulai Disalurkan, Di-launching Bupati Fauzi Wongsojudo

News17 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Sumenep me-launching bantuan sosial (bansos) DBHCHT tahun 2023. Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo memberikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait.

Terdapat dua organisasi perangkat daerah (OPD) yang dilibatkan dalam pencarian data penerima, yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sumenep.

“Kami juga ingin memberikan apresiasi, khususnya kepada seluruh dinas yang terus bekerja siang malam dalam rangka bagaimana mendata terkait dengan para penerima yang berhak untuk menerima bantuan yang harus kita berikan pada hari ini,” tutur Cak Fauzi dalam sambutannya waktu memberikan bantuan tersebut di PT Tanjung Odi Sumenep.

Baca Juga:  Cerita Berkesan Seniman Asal Pamekasan Budi Hartomo, Berhasil Tampilkan Tari Topeng Gethak  di Tiga Negara

Banyak pihak yang ingin mengharapkan untuk bisa mendapatkan bantuan ini. Akan tetapi, terkait dengan bantuan yang sudah berikan disesuaikan dengan juknis.

“Saya juga berharap dengan kerja kerja yang sudah dilaksanakan beberapa hari ini untuk mencerminkan sebuah ketelitian bahwa seluruh penerima dana BLT-DBHCHT ini benar benar sudah tepat sasaran,” imbuhnya.

Kepala Dinsos P3A Sumenep Achmad Dzulkarnain mengatakan, bantuan itu diberikan kepada buruh tani tembakau dan buruh pabrik tembakau yang mengalami keterbatasan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Bantuan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Sumenep tentang keputusan awal dalam rangka peningkatan kesejahteraan penerima bantuan.

“Penetapan penerima berprofesi sebagai buruh tani tembakau dan atau buruh pabrik tembakau. Yang kedua, terdaftar sebagai penduduk sumenep dibuktikan dengan KTP. Yang ketiga, bukan berprofesi sebagai ASN atau PNS, TNI, POLRI, pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak atau PPPK atau perangkat desa,” paparnya.

Baca Juga:  Larang Cabor Kelola Dana Bupati Cup, Disporabudpar Sampang Dikritik

Anggaran untuk BLT DBHCHT tahun 2023 itu sebesar Rp2.835.000.000. Dibagi untuk 3.150 penerima. Sedangkan penerimanya terdiri dari 1.935 buruh pabrik rokok,  tersebar di 37 pabrik rokok, kemudian buruh tani tembakau sejumlah 1.215, tersebar di 68 desa.

Bantuannya sebesar Rp300.000 per orang per bulan. Namun pencairannya dilakukan per 3 bulan. Untuk bantuan bulan September, Oktober, dan November, dicairkan sekaligus sebesar Rp900.000 di Desember 2023. Pencairannya dilakukan melalui Bank BPRS Bhakti Sumekar, Sumenep.

Pewarta: Moh. Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *