KPU Sumenep Mulai Buka Pendaftaran untuk 27.041 Petugas KPPS

News73 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Tahapan pemilu sudah memasuki rekrutmen tenaga ad-hoc yang ke-6 yakni  kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Dengan waktu  tinggal empat hari lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep mulai mempersiapkan pendaftarannya. Sesuai jadwal, pendaftaran dibuka pada Senin 11 Desember 2023 hingga 20 Desember 2023.

Komisioner KPU Sumenep Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Rafiqi Tanzil mengatakan, ,hal itu berdasarkan keputusan KPU Nomor 1669 tahun 2023.

Dalam rekrutmen itu, KPU Sumenep membutuhkan 27.041 petugas KPPS, tentunya dengan 30 persen keterwakilan perempuan.  Segala persiapannya sudah dilakukan, termasuk rapat koordinasi (rakor) dengan panitia pemilihan kecamatan (PPK). Sedangkan PPK sudah melakukan rakor dengan panitia pemungutan suara (PPS).

Baca Juga:  KPU Sumenep Coret 36 Bacaleg dari Tiga Parpol

“Nanti yang melakukan rekrutmen KPPS akan dilaksanakan di tingkat desa,” katanya, Kamis (7/12/2023).

Target dari kebutuhan KPPS itu diharapkan dan diusahakan terpenuhi. Nantinya jika  tidak memenuhi, bisa saja  ditunjuk dari KPU untuk diajak kerja sama.

Pendaftaran KPPS dibuka untuk umum, yakni tokoh masyarakat, mahasiswa dan pelajar dan lainnya, yang penting memenuhi persyaratan dan dan loyal terhadap kesuksesan pemilu 2024 ini.

Menurut Rafiqi, setiap tempat pemungutan suara (TPS) akan direkrut 7 anggota KPPS, dengan rincian 1 ketua dan 6 anggota. Nantinya bertugas dengan masa kerja satu bulan, yakni dilantik pada  25 Januari 2023 hingga 25 Februari 2024.

Baca Juga:  Viral Video Remaja Coblos Banyak Surat Suara, Sanksi Pidana belum Dijatuhkan

“Ada sebanyak 3.863 TPS di Sumenep, semoga terisi dengan adanya petugas nantinya,” ujarnya.

Syarat menjadi petugas KPPS tidak jauh beda dengan PPS. Seleksinya pun hanya administrasi, tidak ada tes. Paling tidak memiliki ijazah minimal SLTA hingga surat keterangan bebas narkoba. Termasuk menyertakan surat keterangan sehat jasmani dan rohani.

Pewarta: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *