Baru 8 Hari Jabat Pj Bupati Sampang, Warga Polisikan Rudi Arifiyanto

News, Headline229 views

KABAR MADURA | Baru delapan hari mengemban amanah sejak 30 Januari 2024, Penjabat (Pj) Bupati Sampang Rudi Arifiyanto (RA) langsung tersandung kasus.

RA diadukan warga ke Polres Sampang, Senin (5/2/2023), karena diduga telah mengintimidasi Pj Kades Ragung, Kecamatan Pangarengan Irham Nurdayanto, Jumat (2/2/2024).

RA dan eks Wabup Sampang Abdullah Hidayat (AH) diduga telah mengitimidasi Irham agar mundur sebagai Pj Kades Ragung. Keduanya diadukan ke Mapolres Sampang oleh Sekretaris Desa Ragung, Kecamatan Pengerangan Ach. Farizi.

Penasihat Hukum Ach Farizi Sulaisi Abdurrazaq mengatakan, Pj Kades Ragung Irham sudah menata desa dan memiliki hubungan baik dengan masyarakat setempat.

“Dan rencana penataan pada 2024 ini dinilai telah terkendala dan buntu sebab adanya dugaan ancaman dari Eks Wabup AH dan Pj Bupati RA kepada Pj Kades untuk mengundurkan diri,” ungkapnya, Senin (6/2/2024).

Baca Juga:  Berkas Usulan Calon Pj Bupati Sampang Sudah Diserahkan ke Kemendagri RI

Akibat tekanan itu, kata Sulaisi, Pj Kades Ragung terpaksa menandatangani surat pengunduran diri.

“Tekanan dan ancaman dengan senjata tajam untuk mendesak Kades Ragung mengundurkan diri itu masuk pidana, apalagi hal itu dinilai juga mengganggu stabilitas keamanan Pemerintah Desa Ragung,” imbuhnya.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Jawa Timur itu juga menyebut bahwa Pj Bupati RA diduga ikut terlibat.

“Pj Bupati juga diduga ikut berkomplot untuk menekan Pj Kades Ragung, apalagi saat itu Pj Kades dipanggil malam-malam, bukan jam dinas dan memaksa orang mengundurkan diri. Itu kan tidak lazim,” bebernya.

Baca Juga:  Raih Penghargaan Forikan Award, Ketua Forikan Pamekasan: Hasil Usaha Bersama

Dia menilai, ancaman dari seorang pejabat dan elit politik terhadap pejabat lain agar seseorang mengundurkan diri adalah tindak tidak baik.

“Saya berharap polisi bisa segera menindaklanjuti persoalan ini, lakukan penyelidikan dan proses secepatnya,” harapnya.

Sementara itu, Kabar Madura sudah berupaya menghubungi Eks Wabup Sampang Abdullah Hidayat melalui telepon dan pesan WhatsApp namun tidak direspons, Selasa (6/2/2024) pukul 18.51 WIB.

Semenit sebelum itu, Kabar Madura juga menghubungi Pj Bupati Sampang Rudi Arifiyanto melalui WhatsApp untuk mengonfirmasi hal tersebut. Namun, tidak kunjung direspons hingga pukul 19.16 WIB.

Pewarta: Hairul Anam

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *