Bupati Sumenep Jadikan Festival Kuda Menari untuk Bangkitkan Ekonomi Masyarkat

News141 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Festival Jaran Serek (Kuda Menari) sukses digelar, Sabtu (27/5/2023). Digelarnya salah satu rentetan kalender event Hari Jadi Sumenep ke-754 itu juga memuat tujuan khusus.

Selain untuk melestarikan budaya Sumenep kepada masyarakat luas, juga mengenalkan budaya tersebut bagi generasi muda dan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari para pecinta kuda serek. Rupanya, gelaran itu juga menjadi satu dari sekian banyak ide Bupati Sumenep Achmad Fauzi dalam memicu peningkatan taraf ekonomi warga Sumenep, yang sebelumnya terpuruk akibat wabah Covid-19.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep itu ternyata selalu punya cara kreatif meningkatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) tanpa harus mengabaikan kekayaan kebudayaan di Kota Keris ini.

“Kegiatan ini diadakan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat, para pecinta kuda juga mendapatkan dampaknya, sehingga dengan Festival Jaran Serek di Lapangan Giling Desa Pangarangan Kecamatan Kota Sumenep, dalam rangka membangkitkan pedagang kreatif lapangan (PKL) juga,” kata suami Nia Kurnia Fauzi itu.

Baca Juga:  Bupati Sumenep Peduli Anak Yatim, Berikan Kesempatan Adu Kreativitas di Momentum Isra’ Mi’raj

Awalnya, rute pemberangkatan Festival Jaran Serek dimulai dari Jalan Asta Tinggi, Sumenep, tepatnya depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep. Tetapi dengan pertimbangan untuk meningkatkan perekonomian bagi PKL di Bangkal, akhirnya dipindah.

“Kami mengubah rute festival ini, tujuannya ingin mendorong ekonomi PKL di Pasar Bangkal, supaya kegiatan kalender 2023 ini memberikan dampak kepada mereka. Jadi setiap pelaksanaan kegiatan kalender itu, harus melibatkan PKL dan UKM di lokasi penyelenggaraannya,” ujarnya.

Bupati Fauzi berharap, seluruh masyarakat berpartisipasi untuk memeriahkan berbagai kegiatan kalender 2023. Karena melalui kegiatan itu, menjadi momen sekaligus potensi yang mampu memulihkan perekonomian daerah.

“Yang jelas, kami membutuhkan dukungan masyarakat untuk bersama-sama menyamakan persepsi dan sinergi, bahwa kegiatan seperti seni budaya memiliki hubungan yang saling mendukung memulihkan ekonomi,” terangnya.

Baca Juga:  25 Ribu Nahdliyin Madura Berangkat Semarakkan Peringatan 1 Abad NU

Pemkab Sumenep bersama Paguyuban Jaran Serek Pandhige mengadakan Festival Jaran Serek (kuda menari), sebagai rangkaian kegiatan kalender 2023 bertajuk Masa Kejayaan Sumenep.

Ratusan jaran serek diiringi musik tradisional saronen dengan atraksinya yang sesekali berdiri, menari-nari di sepanjang rute mulai Lapangan Giling menuju Labang Mesem.

Bahkan, Bupati Achmad Fauzi, Sekretaris Daerah Edi Rasiyadi dan unsur forkompinda ikut menunggangi jaran serek bersama para peserta lainnya.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada paguyuban dan pecinta jaran serek yang telah berpartisipasi memeriahkan festival, semoga kegiatan kalender 2024 yang diadakan Pemerintah Kabupaten Sumenep bersama komunitas semakin semarak,” pungkas pria dengan sapaan Cak Fauzi ini.

Pewarta: Moh. Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *