Calon Pj Bupati Pamekasan: Rektor IAIN Madura Jadi Pesaing Sekda Masrukin

News254 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASANMasa pengusulan calon Penjabat (Pj) Bupati Pamekasan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI akan berakhir pada 9 Agustus 2023. Namun, DPRD Pamekasan belum menentukan daftar nama calon yang akan diajukan.

Ketua DPRD Pamekasan Halili menyampaikan, pihaknya masih akan menggelar rapat lanjutan dengan fraksi-fraksi dan pimpinan DPRD terkait usulan calon Penjabat Bupati Pamekasan. 

“Kami masih belum mengantongi nama-nama. Kami masih belum punya calon, nunggu waktu, nanti masih rapat lagi,” ujarnya, Rabu (2/8/2023).

Sebelumnya Halili pernah menyebut Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan Masrukin termasuk aparatur sipil negara (ASN) yang memenuhi kriteria menjadi Pj Bupati Pamekasan.

Setelah itu, baru Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang buka suara terkait usulan calon Pj Bupati Pamekasan. PKB Pamekasan mengusulkan Rektor IAIN Madura Dr. Saiful Hadi. 

Baca Juga:  Kopri-Kohati Sumenep Desak Pelaku Pelecehan Seksual Dihukum Berat

Ketua DPC PKB Pamekasan Ali Wafa Subki mengatakan, Pj Bupati Pamekasan harus orang yang paham terhadap kebijakan. Kemudian mengerti sosio emosional wilayah yang akan dipimpinnya. 

Menurut Ra Ali, sapaan karibnya, pemimpin itu juga harus memiliki sense of local emotions, berkemampuan komunikasi multielemen, utamanya kepada para ulama. Sebab, jika tidak demikian, maka akan kerap terjadi kesalahpahaman dalam mengambil kebijakan.

“Pj Bupati Pamekasan harus punya strong leadership (seni kepemimpinan yang kuat, red), tetapi tidak anti kritik. Kita tahu, Pamekasan sangat dinamis, sensitif dalam memandang setiap hal, apalagi kebijakan politis,” jelasnya, Rabu (2/8/2023).

Ra Ali menegaskan, Saiful Hadi adalah sosok yang paling memenuhi kriteria yang diinginkan. Akademisi yang dinilai tidak akan serampangan dalam setiap menyimpulkan sesuatu, karena sudah terbiasa melakukan penelitian.

Baca Juga:  Bupati Sumenep Berhasil Tumbuhkan Produktivitas Lahan Marginal, Diganjar Penghargaan Gubernur Jatim

“Dia pendidik, artinya dalam beberapa hal pasti mendahulukan nilai, value. Nah, Madura atau Pamekasan pada khususnya, itu penting selalu mengedepankan nilai dalam kebijakan,” tukas Ra Ali.

Sebagaimana diketahui, PKB  merupakan partai pengusung Bupati Pamekasan Baddrut Tamam. Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu, PKB mendapatkan tujuh kursi perwakilan di DPRD Pamekasan.

Sementara Rektor IAIN Madura Dr. Saiful Hadi  masih belum bisa banyak berkomentar mengenai namanya yang masuk bursa calon Pj Bupati Pamekasan. Dia mengaku masih fokus pada pelaksanaan penelitiannya di Malaysia.

Masa kepemimpinan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam akan berakhir pada 24 September 2023. Sementara, pemilihan kepala daerah (pilkada) masih dijadwalkan berlangsung pada November 2024.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *