Di Luar Bonus, Kontingen Sumenep Didanai Rp2 Miliar di Porprov Jatim VII

News83 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Untuk berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur (Jatim) 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menyediakan anggaran untuk kontingennya sebesar Rp2 miliar. Dana itu masih di luar bonus atlet berprestasi.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, untuk apresiasi khusus juga akan diberikan kepada atlet yang berprestasi. Namun Fauzi belum bisa menyampaikan detailnya. 

“Kalau penghargaan pasti ada seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi nanti, atlet-atlet fokus untuk menjadi yang terbaik dulu, jadilah juara sebanyak-banyak,” ujar bupati yang akrab dipanggil Cak Fauzi itu. 

Pada porprov sebelumnya, kontingen Sumenep berhasil 25 medali. Medali itu terdiri atas 7 emas, 7 perak, dan 11 perunggu. Tahun ini, Fauzi berharap  mampu mendapatkan medali 12 emas, 11 perak, dan 16 perunggu, kemudian masuk peringkat 20. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep Mohamad Iksan mengatakan, anggaran Rp2 miliar tersebut dikelolakan kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumenep. 

Dananya dibagi untuk semua cabor yang mengikuti event dua tahunan tersebut. Setiap cabor mendapatkan alokasi dana berbeda, berdasarkan prestasi atlet masing-masing. Khusus di Sumenep, terdapat 20 yang mengikuti porprov. 

Cabor itu antara lain angkat berat, atletik, biliar, binaraga, dan basket. Lalu, bola tangan, bola voli indoor, bola voli pasir, dan bulu tangkis. Selain itu, catur, e-sport free fire, futsal, judo, karate, pencak silat, petanque, renang, sepak takraw, tenis meja, dan tenis lapangan.

Baca Juga:  Ratusan Koperasi di Pamekasan Mati dengan Menanggung Utang

Sedangkan total atlet yang diutus sebanyak 167 orang.

”Sementara yang digunakan untuk event  porprov, mulai persiapan sampai keikutsertaan sebesar Rp1,75 miliar,” beber Iksan.

Pewarta: Moh. Razin 

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *