Disdik Sampang Gelar Gebyar PAUD, Upaya Tingkatkan Potensi Anak Usia Dini

News37 views

KABARMADURA.ID | SAMPANG -Guna meningkatkan potensi anak di usia dini, Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang menggelar Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) selama dua hari, sejak Jumat hingga Sabtu (22-23/9/2023), di halaman Kantor Disdik Sampang.

Hadir langsung dalam kegiatan tersebut, Bunda PAUD Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi dan Ketua Pokja Bunda PAUD Sampang Hj. Vani Abdullah Hidayat. Sementara pesertanya terdiri dari guru dan siswa PAUD/TK se-Kabupaten Sampang.

Kepala Disdik Sampang Edi Subinto mengatakan, kegiatan yang digelar rutin tiap tahun ini sebagai sarana meningkatkan dan menunjukkan bakat dan minat dari siswa PAUD. Tahun ini mengangkat tema “Gerakan Transisi PAUD SD yang Menyenangkan untuk Mewujudkan SDM Hebat Bermartabat”.

“Dengan adanya kegiatan ini, transisi PAUD menuju SD bisa maksimal, ini sebagai upaya yang kami lakukan hari ini,” ungkapnya saat memberikan sambutan, Sabtu (23/9/2023).

Baca Juga:  104 Sekolah di Sampang tanpa Kepala, Dewan Pendidikan Sarankan Bentuk Tim Pertimbangan Pengangkatan Kepsek

Selain itu, Edi juga menjelaskan bahwa pihaknya telah membentuk forum transisi PAUD SD-MI, dengan tujuan untuk mengkolaborasikan serta mensinergikan pusat-pusat pendidikan, seperti sekolah, keluarga dan masyarakat.

“Dengan terbentuknya forum transisi PAUD SD-MI ini diharapkan mampu untuk memberdayakan dan mengoptimalkan pendidikan yang ada di Kabupaten Sampang,” jelasnya.

Disebutkan, sampai saat ini, PAUD yang terakreditasi B di Sampang mencapai 64 persen dari jumlah keseluruhan. Sehingga, Edi menyambut dengan bangga atas capaian tersebut.

“Dengan pencapaian ini tentu tidak gampang, saya sangat apresiasi terhadap para guru yang juga membantu perkembangan PAUD di Sampang,” tambahnya.

Kemudian, Edi menambahkan, tenaga pendidik atau guru yang telah berkualifikasi sarjana PAUD telah mencapai 64,29 persen. Dia berharap ke depan bisa terus bertambah.

Baca Juga:  TK Nurul Hidayah Sampang Jadi Terfavorit

“Ini merupakan kebanggaan kita bersama, semoga ke depannya Kabupaten Sampang terus melahirkan guru-guru yang berkompeten,” harapnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi mengutarakan, agenda tahunan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap perkembangan anak usia dini. 

“Jadi tidak hanya mengedepankan kualitas pendidikan, akan tetapi yang lebih penting mendorong kepedulian,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, kegiatan tahunan yang dilaksanakan Disdik Sampang ini sangat memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendidikan anak. 

“Acara ini sangat memberikan dampak positif untuk meningkatkan potensi anak kita, sebagai penerus bangsa,” tukasnya.

Pewarta: KM70

Redaktur: Sule Sulaiman 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *