DP3AP2KB Pamekasan Kukuhkan Pengurus Forum Anak

News161 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Serta Pengendalian Penduduk (DP3AP2KB) Pamekasan peduli terhadap kalangan anak-anak. Faktanya, instansi tersebut mengukuhkan pengurus Forum Anak Kabupaten Pamekasan periode 2023-2025 di Kantor Pusat Pengembangan Keluarga (Puspaga) Pamekasan, Sabtu (5/8/2023). 

Kepala DP3AP2KB Pamekasan Munapik mengatakan, pengukuhan kepengurusan bertujuan untuk membuka peluang bagi anak-anak untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan atau program yang menyasar potensi seorang anak. Baik di bidang pendidikan, olahraga maupun lainnya. Bahkan adanya forum tersebut nantinya sebagai wadah untuk mengekspresikan potensi anak-anak. 

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

“Dengan demikian, akan lahir sebuah gagasan serta kami berpartisipasi untuk mencari solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh anak-anak. Melalui forum ini, anak-anak bisa belajar tentang demokrasi, keadilan dan nilai-nilai kemanusiaan yang akan membentuk kepribadian sebagai pemimpin masa depan,” ujarnya kepada Kabar Madura. 

Selain itu kepedulian terhadap anak-anak merupakan bagian dari upaya membangun negara yang adil, inklusif dan berkelanjutan. Melibatkan anak-anak dalam pengambilan keputusan merupakan langkah yang sangat penting. Sebab anak-anak merupakan generasi penerus yang akan mewarisi dan meneruskan tugas-tugas besar untuk menjaga dan mengembangkan bangsa Indonesia.

Baca Juga:  Angka Kematian Bayi dan Ibu Hamil di Sumenep Meningkat

“Kami sangat mengapresiasi kerja keras dan semangat yang telah ditunjukkan oleh anak-anak dalam mempersiapkan diri untuk menjadi bagian dari forum anak. Kami akan terus mendorong peserta untuk aktif berpartisipasi, berbagi pengalaman dan mengambil peran aktif dalam mengembangkan gagasan dan program, agar bisa bermanfaat  kepada masyarakat luas,” tuturnya.

Pihaknya menegaskan, anak-anak memiliki pola pikir yang segar, inovatif dan kreatif untuk mencapai tujuan bersama.  Sesuai Undang-Undang (UU) Republik Indonesia (RI) Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak terdapat beberapa hak anak yang perlu dipenuhi. 

Masing-masing, hak hidup, hak tumbuh berkembang, hak terlindungi dan hak partisipasi. Atas dasar itulah, dirinya menghaturkan terima kasih terhadap orang tua, guru dan semua pihak yang sudah mendukung dan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk terlibat dalam forum anak. Sebab dukungan dan kerjasama semua pihak sangat penting dalam mendukung pertumbuhan, keberhasilan dan partisipasi anak dalam kegiatan pembangunan. 

Baca Juga:  Bina Kampung KB DP3AP2KB Pamekasan Kolaborasikan Sinergitas dengan Desa

“Mari semua meneruskan semangat kebersamaan dan kolaborasi dalam membangun suatu masa depan yang lebih baik untuk anak-anak dan negara ini. Saya yakin, melalui upaya yang terpadu dan kolaboratif, bisa mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dalam perencanaan pembangunan berbasis anak,” ajaknya. 

Sementara itu, Ketua Forum Anak Kabupaten Pamekasan Anton menyampaikan, berbagai program akan disusun secara khusus pekan ini. Tujuannya, agar anak-anak di Pamekasan bisa berkontribusi positif untuk kepentingan pembangunan Pamekasan ke depan. “Kami akan segera merancang berbagai program kerja, mudah-mudahan mendapat dukungan dari berbagai pihak,” responnya. 

Pewarta; Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *