DPMD Sumenep Cetuskan Kantin Suapan Cinta, Bupati Takjub

News74 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep memiliki Kantin Smart yang berguna bagi masyarakat. Utamanya pada perangkat desa pada saat berkunjung ke kantor DPMD Sumenep. 

Diketahui, kantin smart dikunjungi oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sumenep, Nia Kurnia Fauzi dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi. Kantin smart itu kemudian dinamakan Kantin Asupan Pangan Ceria Indah Merata (Suapan Cinta) untuk para perangkat desa.

Kepala DPMD Sumenep Anwar Syahroni Yusuf menyampaikan, kantin yang dimaksud yakni di samping kiri (utara) kantor DPMD Sumenep. Kantin tersebut dikelola oleh para ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP).

“Kami menyediakan kantin bukan sebagai tempat makan dan minum atau ngopi semata, lebih dari itu layanan dilengkapi wifi gratis, scanner dan printer khusus para perangkat desa yang ada keperluan ke sini (kantor DPMD),” katanya, Minggu (30/7/2023). 

Baca Juga:  Pelaksanaan PAW Kades Karamian Kecamatan Masalembu Sumenep Terganjal Sistem Penganggaran

Menurutnya, dengan adanya Kantin Smart, para perangkat desa sambil ngopi dengan melengkapi pemberkasan terkait kebutuhan administrasi desa. 

“Kantin itu dapat berfungsi hampir setiap hari, utamanya pada masuk dinas. Jadi itu bukan sembarangan kantin ya,” tuturnya.

Menurut pria yang akrab disapa Anwar itu, yang dimaksud kekurangan administrasi itu  yakni pada saat para perangkat desa datang ke DPMD dan butuh pelayanan, maka difasilitasi. Pada waktu ada kekurangan berkas-berkas atau perlu diperbaiki, mereka langsung self service dapat scan atau print out tanpa harus keluar lagi dalam mengurus itu. 

“Jadi, ini layanan bagus yang tidak merepotkan para perangkat desa kan,” paparnya.

Anwar berharap, dengan fasilitas yang tersedia di Kantin Smart, pelayanan yang berhubungan pemberkasan terhadap perangkat desa bisa cepat selesai. 

Baca Juga:  Terbiasa Lambat LPj APBDes, Gaji Perangkat Desa Terlambat

“Hal ini juga masuk pelayan luar biasa dan cocok pada jargon bupati Sumenep yakni ‘Bismillah Melayani’ yang diimpikan selama ini,” kata dia.

Selain fasilitas wifi gratis, scanner dan printer, saat ini Kantin Smart diisi dengan produk beberapa BUMDes di Sumenep. Oleh karena itu Anwar juga berharap agar BUMDes yang memiliki produk untuk menaruh produknya di Kantin Smart DPMD Sumenep.

“Ini juga mempromosikan produk-produk BUMDes di Sumenep,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengakui sangat bagga dan takjub atas Kantin Smart itu. Sebab, dapat melayani para perangkat desa datang.

“Pada saat saya berkunjung ke sana, saya sangat takjub dan bagga, semoga terus dikembangkan,” kata Fauzi.

Pewarta: Imam Mahdi 

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *