Forikan Pamekasan Intens Kampanyekan Gemar Makan Ikan

News137 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN — Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Pamekasan intens mengkampanyekan gemar makan ikan.

Salah satunya dilakukan saat Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Pamekasan menggelar program Ngajum Abereng Sakinah Mawaddah Warahmah (Ngabdih) dan Keluarga Entrepreneur Usaha Sukses (Garus), Senin (26/6/2023).

Ketua Forikan Pamekasan Nayla Baddrut Tamam, yang juga ketua PKK Pamekasan, mengatakan, peningkatan gizi di setiap keluarga harus tercukupi, terutama pada anak. Salah satu gizi itu bisa terjaga dengan memakan ikan. Sebab ikan mengandung banyak protein yang sangat membantu terhadap peningkatan kecerdasan otak.

Baca Juga:  Said Abdullah: Mahfud MD Cawapres yang Selaras dengan Kultur Madura

“Kami mengajak kepada semua keluarga agar terus menyiapkan ikan secukupnya di meja makan,” papar istri Bupati Pamekasan Baddrut Tamam tersebut.

Kegiatan yang melibatkan siswa-siswi pendidikan usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK) se-Pamekasan itu berlangsung selama dua hari sejak 26 hingga 27 Juni 2023, di Desa Gagah, Kecamatan Kadur. Ada berbagai kegiatan yang digelar, di antaranya memancing ikan lele, demo pengolahan ikan yang sehat, dan pengenalan sejak dini terhadap manfaat ikan untuk terus dikonsumsi sejak dini.

Sementara Analis Pasar Hasil Perikanan Dinas Perikanan (Diskan) Pamekasan Sri Lusia Susanti menyampaikan, pihaknya mendorong penuh upaya memasifkan mengkonsumsi ikan mulai usia dini.

Baca Juga:  Nayla Baddrut Tamam: Peran Bunda PAUD Sangat Penting

Maka dari itu, pihaknya memberikan sebanyak 1.000 tusuk sate lele, 400 potong nugget lele, dan 100 bumbu lele. Lalu, 200 susu kotak kecil, 100 nasi boks, dan 100 risoles isi ikan.

“Ikan itu banyak manfaatnya karena gizinya banyak, terutama untuk pertumbuhan otak anak. Kenapa harus ikan lele yang dibagikan? Iya karena ikan lele mudah diakses,” tukasnya.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *