Gaet Minat Mahasiswa Baru, Dua Kampus di Pamekasan Ini Tawarkan Beragam Beasiswa

Pendidikan155 views

PAMEKASAN-Sejumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kabupaten Pamekasan memiliki strategi khusus dalam menarik perhatian calon mahasiswa baru. Selain menawarkan jurusan yang berkualitas dan mudah diterima di instansi dan sesuai kebutuhan kerja saat ini, juga menawarkan beberapa program beasiswa.

Salah satu kampus yang menawarkan beberapa program beasiswa tersebut, yaitu Universitas Madura (UNIRA) Pamekasan. Ada beberapa program beasiswa di kampus yang berada di bawah naungan Yayasan Universitas Madura (YUM), di antaranya beasiswa tahfiz, beasiswa mitra, dan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Rektor UNIRA Pamekasan, Dr. Faisal Estu Yulianto mengatakan, selain menyediakan beberapa program beasiswa, pihaknya juga menjamin ketersediaan fasilitas penunjang seperti sarana dan prasarana untuk kelembagaan maupun kemahasiswaan. “Kini, kami sudah memiliki 14 prodi dengan 6 fakultas,” katanya kepada Kabar Madura.

Baca Juga:  Tingkatkan Kapasitas Pendidik, Disdikbud Pamekasan Gelar Workshop MBS dan IKM

Kemudian, kampus yang terletak di Jalan Raya Panglegur KM. 3,5 Pamekasan itu juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik. 

Tidak hanya itu, profesionalitas tenaga pendidik di lingkungannya juga menjadi kunci dalam menarik perhatian publik. Pasalnya, dengan adanya dosen yang berkualitas bisa mencetak mahasiswa yang berkualitas pula. Ia menuturkan, di kampusnya tersebut saat ini memiliki 14 prodi dengan 6 fakultas.

Tidak jauh berbeda dengan UNIRA Pamekasan, Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan juga memiliki cara tersendiri dalam menggaet calon mahasiswa. Sebagai perguruan tinggi berbasis pesantren, kampus ini juga menawarkan beragam jenis beasiswa.

Baca Juga:  Universitas Madura Gelar Wisuda untuk 522 Lulusan

Kepala UPT Hubungan Masyarakat (Humas) Penerimaan Mahasiswa Baru UIM Fathorrozi Ariyanto mengatakan, terdapat beberapa program beasiswa yang ditawarkan, seperti beasiswa tahfiz, beasiswa KIP, dan lainnya. Selain itu, pihaknya juga memastikan beberapa fasilitas di lingkungannya maksimal. 

“Untuk beasiswa tahfiz, itu beragam. Tergantung dari jumlah hafalannya. Ada yang gratis sepenuhnya, ada juga yang sebagian. Kami lakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan ke beberapa pondok pesantren. Karena, di sini berbasis pesantren,” ungkapnya. 

Rosi itu mengaku, untuk 2023, pihaknya menargetkan 900 hingga 1000 calon mahasiswa baru. Saat ini, di perguruan tinggi yang berjuluk kampus lima Menara itu memiliki 17 program studi dengan 6 fakultas.

Pewarta: Safira Nur Laily

Redaktur: Moh. Hasanuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *