Gelar Pelatihan Mendongeng, Disdikbud Pamekasan Berharap Guru PAUD Mengajar Lebih Kreatif

News78 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan menggelar pelatihan mendongeng bagi guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di Hotel Cahaya Berlian Pamekasan. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, terhitung sejak Senin hingga Selasa (11-12/9/2023).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini itu diikuti 100 peserta guru dari 13 kecamatan. Sementara pematerinya mendatangkan Ketua Kampung Dongeng Pamekasan Sulistyawati.

Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini mengatakan, pelatihan mendongeng kepada guru PAUD ini bagian dari cara meningkatkan kualitas pendidikan. Sebab, menurutnya, usia dini merupakan masa emas bagi anak-anak untuk bisa memiliki imajinasi tinggi, perkembangan pola pikir yang baik. Maka dari itu, guru PAUD harus memiliki keterampilan mengajar yang kreatif, salah satunya dengan menyampaikan pelajaran melalui mendongeng.

Baca Juga:  Disdikbud Pamekasan Yakin Siswa Berprestasi Pamekasan Mampu di Level Nasional

“Dongeng itu nasehat yang tidak menggurui, yang bisa memancing anak-anak bisa memiliki imajinasi dan daya pikir kritis. Kemudian, juga bisa mengambil pesan moral pada dongeng itu, jadi paling tepat mengajar melalui dongeng untuk anak-anak PAUD,” paparnya.

Zaini menjelaskan, guru yang sudah mengikuti pelatihan mendongeng ini diharapkan diharapkan bisa mengetuktularkan kepada guru yang lain. Sehingga proses pembelajaran di jenjang PAUD bisa lebih menyenangkan.  

“Jadi yang sudah mendapatkan pelatihan bisa mensosialisasikan kepada guru yang lain di kecamatannya masing-masing, sebab tidak semua guru bisa mendapatkan pelatihan ini,” tambahnya.

Baca Juga:  Dampak PMK 212, Serapan APBD Pamekasan 2023 Dipastikan Melambat 

Dalam proses pembelajaran sekolah, lanjut Zaini, guru harus bisa mengikuti perkembangan teknologi. Sebab hal itu dinilai bisa menjadi penopang kecakapan siswa untuk menguasai materi pembelajaran yang diberikan.

“Teknologi kalau diarahkan dengan baik, bisa baik juga,” tukas mantan Kabag Kesra Setkab Pamekasan tersebut.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *