Gugah Partisipasi Pemilih Melalui Nonton Film, KPU Pamekasan Harapkan Pemilih Pemula Bijak Manfaatkan Sosial Media

News, Politik57 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya pemilih pemula pada Pemilu 2024 mendatang. Selain gencar melakukan sosialisasi melalui badan adhoc dan media sosial, KPU Pamekasan juga mengajak pemilih pemula nonton bareng film “Kejarlah Janji” untuk memberikan pemahaman pendidikan pemilu bagi kalangan pemilih pemula.

Di ketahui, KPU Pamekasan sudah dua kali menggelar nonton bareng film tersebut. Pertama, film yang berisi tentang pentingnya menepati janji dan tidak menyebarkan berita yang tidak baik dalam pemilu itu digelar bersama ratusan santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Hikmah, Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Kemudian, film yang menceritakan pemilu menggembirakan sebagai bagian dari sosialisasi penyelenggaraan Pemilu 2024 itu juga ditonton bersama ratusan mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Sabtu kemarin (28/10/2023). 

Baca Juga:  Injury Time Bacaleg Ganda, PBB Belum Klarifikasi ke KPU Pamekasan

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi (Permas) dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Pamekasan Fathor Rachman mengatakan, melalui kegiatan nobar film “Kejarlah Janji” ini pihaknya ingin mengedukasi masyarakat, terutama pemilih pemula agar bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilu mendatang.

Melalui film itu juga, kata Fathor, KPU ingin mengingatkan para pemilih di kalangan pelajar agar benar-benar menentukan pilihan sesuai hati nurani, serta tidak asal pilih calon tanpa mengetahui visi-misi dan program kerja yang ditawarkan.

“Terpenting juga jangan mudah percaya informasi hoaks yang beredar untuk menghindari situasi tidak kondusif,” tegasnya, Minggu (29/10/2023).

Baca Juga:  Satu Anggota PPS Tidak Hadir di Pelantikan, Ternyata Karena Ini!

Apalagi, menurut Fathor, di tengah kemajuan teknologi dan sosial media seperti saat ini, informasi-informasi hoaks sering dimunculkan oknum tidak bertanggung jawab untuk menjatuhkan lawan politik.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap para pemilih pemula bisa lebih bijak dalam memanfaatkan sosial media dan memahami IT dengan baik, agar tidak menjadi korban informasi hoaks yang bisa memecah belah persaudaraan.

“Setelah menonton film “Kejarlah Janji” ini, para pemilih pemula, baik dari kalangan santri, siswa maupun mahasiswa bisa lebih bijak menyaring dan membagi informasi, terutama informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu,” harapnya.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *