Sebagian SD di Pamekasan Menunggu ANBK Gelombang IV

News54 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Pelaksanaan Asesmen Nasional Berstandar Komputer (ANBK) di tingkat sekolah dasar (SD) di Pamekasan masih belum terealisasi secara keseluruhan. Sebab ada sekolah yang masih menunggu pelaksanaan gelombang terakhir atau gelombang IV. 

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan Taufik Hidayat mengatakan, pelaksanaan ANBK gelombang terakhir itu kemungkinan akan dilaksanakan pada pekan ini. Pada pelaksanaan gelombang sebelumnya, dia menyebut tidak ada kendala yang cukup signifikan dalam proses realisasinya. 

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

“Tinggal berapa sekolah yang belum melaksanakan ANBK, saya lupa sisanya. Tapi yang jelas, masing-masing sekolah berhak memilih mau melaksanakan gelombang berapa pun. Setiap gelombang dua hari, kami mulainya dari Senin (23 Oktober 2023) kemarin untuk gelombang pertama. Dua hari berikutnya dilanjut dengan gelombang kedua dan ketiga,” terangnya, Minggu (29/10/2023). 

Baca Juga:  Gebyar Literasi, Disdikbud Pamekasan Dorong Guru Menjadi Pendidik yang Penulis

Sejauh ini, jelas Taufik, tidak ada laporan kendala apa-apa dari masing-masing sekolah. Mayoritas pelaksanaanya dilakukan secara online, yang notabene hanya membutuhkan jaringan wifi dan sarana prasarana (sarpras) pendukung lainnya. 

Taufik menuturkan, masing-masing sekolah telah mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi sebagai antisipasi, seperti ketika terjadi pemadaman listrik tiba-tiba. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya kendala di lapangan. 

Menurutnya, ANBK tersebut untuk pemetaan pendidikan yang orientasinya pada rapor pendidikan dengan beberapa bagian, di antaranya kemampuan literasi dan numerasi, survei lingkungan belajar, dan survei karakter. 

Baca Juga:  Kesulitan Pahami Syarat, 445 PAUD di Pamekasan Tanpa Izin Operasional

“Jika dalam kelas itu lebih dari 30 siswa, maka hanya akan dipilih 30 orang untuk ikut ANBK. Tapi jika kurang dari 30, maka semua dalam kelas itu harus ikut semua,” paparnya.

Pewarta: Safira Nur Laily

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *