Jumlah Kunjungan Menurun, Perpusda Pamekasan Sebut Karena Pindah Gedung Layanan 

News85 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Selama beberapa bulan terakhir, jumlah kunjungan di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Pamekasan mengalami penurunan. Biasanya, dalam sehari jumlah kunjungan bisa mencapai 250 hingga 300 orang. Namun, dalam beberapa bulan terakhir menurun, bahkan tidak sampai 100 orang.

Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pamekasan Qusairi mengatakan, penurunan jumlah kunjung itu terjadi lantaran pindah gedung layanan untuk sementara. Masyarakat tidak banyak mengetahui terkait hal tersebut. Padahal, menurut Qusairi, sosialisasi tentang pindahnya gedung layanan telah dilakukan melalui media sosial maupun secara manual.

“Jika dibandingkan dengan yang sebelum pindah, jumlah kunjung memang menurun, beberapa bulan terakhir 50 hingga 100 orang per hari.  Selain karena pindah gedung, karena layanan tidak buka semua, misal hanya pengembalian, utamanya di bulan pertama pindah. Jadi itu yang membuat sepi. Tapi sekarang sudah full akses, jadi ada peningkatan,” jelasnya, Kamis (14/9/2023).

Baca Juga:  Pemkab Pamekasan Kembali Sabet Opini WTP 10 Kali Berturut-turut

Qusairi menegaskan, meski mengalami penurunan jumlah kunjungan, aktivitas pengunjung di perpustakaan saat ini lebih berkualitas dibanding sebelumnya. Artinya, pengunjung lebih intens dalam memanfaatkan buku-buku yang ada. Sebelum pindah gedung, aktivitas pengunjung tidak sepenuhnya fokus dalam kegiatan mencari atau membaca buku.

Dia menyebut, instansinya terus berupaya dalam meningkatkan jumlah kunjungan di perpusda setempat terus meningkat. Terlebih di momen-momen tertentu, seperti peringatan hari kunjung perpustakaan yang diperingati setiap 14 September. 

Agenda untuk bulan kunjung tahun ini, Perpusda Pamekasan bekerja sama dengan sejumlah lembaga pendidikan dan organisasi untuk berkunjung ke perpustakaan. Dia berharap, ketika gedung perpustakaan yang baru selesai, masyarakat lebih antusias melakukan kunjungan dengan memanfaatkan segala layanan yang ada.

Baca Juga:  Kader Sumenep Masih Yakin PPP Lampaui 4 Persen Ambang Batas

“Bulan ini bisa kita sebut bulan kunjung. Agenda kami bekerja sama dengan pihak ketiga untuk melakukan kunjungan. Cara tersebut cukup berdampak, per hari ini, tadi pagi saja sudah ada 80-an orang yang berkunjung,” ungkapnya.

Jumlah Kunjungan ke Perpusda Pamekasan selama 2023

Januari: 4,615 kunjungan

Februari: 2,274 kunjungan

Maret: 3,327 kunjungan

April: 2,445 kunjungan

Mei: 3,254 kunjungan

Juni: 3,545 kunjungan

Juli: 1,669 kunjungan

Agustus: 3,445 kunjungan

September: 1,801 kunjungan

Sumber data: Perpustakaan Daerah (Perpusda) Pamekasan.

Pewarta: Safira Nur Laily 

Redaktur: Sule Sulaiman

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *