Kolaborasi Komunitas di Pamekasan dan Bangkalan Sukses Sumbangkan Puluhan Kantong Darah

News20 Dilihat

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN – Kolaborasi komunitas di Pamekasan dan Bangkalan sukses menggelar aksi kemanusiaan. Yakni, dengan menggelar donor darah secara seretak di dua kabupaten kota di Pulau Madura tersebut. Komunitas yang tergabung ini berasal dari komunitas anak motor Bold Riders, fans club atau suporter serta karang taruna Heppiii Community.

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak pada Minggu (13/11) lalu di Pamekasan dan Bangkalan. Untuk di Bangkalan, kegiatan donor darah dipusatkan di  Warkop Fafa Bangkalan yang diikuti oleh tiga komunitas yakni Bold Rider Bangkalan, Kconk Massa Hitam, dan Gondrongers Unijoyo.

“Ada 33 peserta yang mendaftar baik dari komunitas maupun dari masyarakat umum, dari jumlah itu ada 27 kantung darah yang didapat. Sisanya enam pendaftar tidak lolos karena faktor HB kurang,” ungkap Kevien, Rabu (23/11).

Sedangkan untuk Pamekasan, ada dua komunitas yakni Komunitas Raja Hapus 86 Desa Jangkong Sumenep, lalu ada Komunitas nelayan ARM Desa Kaduarah Barat Pamekasan. Titik donor darah dipusatkan di Lapangan Bahari, Kaduaarah Barat pada Minggu (13/11).

Baca Juga :  Kasus Bansos, Kejari Sampang Harus Periksa 554 Lebih Saksi

“Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan sosial ini. Terima kasih kepada  semua komunitas dan masyarakat umum yang terlibat, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk sesama,” ungkapnya.

Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini digelar serentak di seluruh Indonesia Timur mulai 29 Oktober sampai 13 November 2022 kemarin.

Total ada sebanyak 750 komunitas di lebih dari 82 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur. Jumlah kota ini tersebar di 15 provinsi.Tahun ini kegiatan sosial tersebut mengambil tema kepahlawanan yakni KITA adalah Pahalwan.

Program tersebut menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894 orang. Atas raihan ini Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni pertama penghargaan rekor sebagai donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Kemudian rekor kedua yakni donor di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara pararel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi.

Baca Juga :  Perkasa Raih Penghargaan Jaga Desa

Reporter: Ist

Redaktur: Hairul Anam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *