Malam Kemilau Madura Hari Jadi Pamekasan ke-492 Menjadi Pemersatu Empat Kabupaten

Uncategorized28 Dilihat

KM.ID | PAMEKASAN — Malam Kemilau Madura (MKM), dalam rangkaian perayaan Hari Jadi (Harjad) Pamekasan ke-492, menjadi momentum pemersatu empat kabupaten di Madura.

 

Bukan tanpa alasan. MKM ini menyediakan panggung show untuk kesenian dari empat kabupaten. Mulai dari Bangkalan, Sampang, Sumenep dan Pamekasan sendiri.

 

Panggung MKm ini terletak di Jalan Kabupaten Kota Pamekasan. Tepat di depan Kantor Bupati dan DPRD setempat.

 

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan, Moh. Zahri, memaparkan, inti dari rangkaian hari jadi yang satu ini adalah kolaborasi pertunjukan seni empat kabupaten di Madura.

 

Empat Bupati se-Madura juga dipertemukan dalam kegiatan ini. Termasuk, Kepala Disporapar Provinsi Jawa Timur dan Disporapar se-Madura.

 

“Ada sekitar 300 peserta VIP yang hadir menyaksikan ini,” ungkapnya, Sabtu (22/10/2022).

 

Selain bisa dinikmati tamu khusus, MKM ini bisa dinikmati masyarakat umum. Masyarakat diberi tempat di sisi depan panggung dan di sisi kiri-kanan.

Baca Juga :  Inilah Motif dan Pengakuan Tersangka Kasus Pembakaran Truk Tembakau di Pamekasan!

 

“Kita berharap, masyarakat semakin cinta dengan Pamekasan dan Madura,” harapnya.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Jadi Pamekasan ke-492, Totok Hartono, menerangkan, masyarakat luas wajib mengetahui bahwa hari jadi ini disandarkan pada sejarah pengangkatan Ronggosukowati menjadi raja Pamekasan pada 3 November 1530 masehi.

 

“Ini kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Pamekasan, dan ditetapkan dalam Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2004,” terangnya.

 

Setkab Pamekasan itu berharap, serangkaian kegiatan ini mampu memperkuat jati diri masyarakat Pamekasan. “Bertema Pamekasan Gemilang, untuk menggali kearifan lokal daerah,” pungkasnya.

 

Redaktur: Ongky Arista UA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *