Mengenal Atlet Pamekasan Baim, Peraih Medali Perak O2SN Karate Tingkat Nasional 

News115 views

KABARMADURA.ID | Menjadi atlet di usia kanak-kanak tentu banyak hal yang harus dikorbankan. Terutama, kegemarannya bermain dengan teman sebaya terpaksa harus ditanggalkan untuk memberikan performa terbaik saat berlaga di kejuaraan. Itulah yang dialami oleh bocah kelas 6 SDN Murtajih 1, Ibrahim Asmar Qandi. 

SAFIRA NUR LAILY, PAMEKASAN 

Baim, begitu dia disapa. Bercita-cita menjadi perwira polisi bukan berarti membuat Baim menutup mata atas potensi yang ada pada dirinya. Sejak TK, Baim yang kelahiran tahun 2011 itu sudah aktif di cabang olahraga (cabor) karate hingga berhasil menjadi atlet berprestasi. 

Siapa sangka, Baim yang lahir di Dusun Bulung, Desa Dasok, Kecamatan Pademawu itu berhasil menjadi juara 2 O2SN karate tingkat nasional tahun ini.  Dia mengaku sangat senang bisa mewakili Pamekasan sekaligus Jawa Timur di ajang bergengsi tersebut. Baim kecil tidak menyangka dirinya mampu meraih juara di kejuaraan tersebut.

“Dapat sertifikat, medali perak, sama uang. Uangnya untuk beli kebutuhan (atribut) karate. Kalau ada sisa, mau ditabung uangnya,” ujar Baim dengan nada polos. 

Baca Juga:  Tidak Diajak Rembuk, Komisi IV DPRD Sumenep Akan Sidak Proyek DAK Sekolah

Bocah scorpio itu bercerita, sempat cedera ketika pertandingan. Namun beruntung, kondisinya lekas pulih hingga dia bisa segera mengejar ketertinggalan sampai menjadi juara. Awalnya, Baim merasa gugup ketika sampai di Jakarta, karena merasa asing dan tak punya banyak teman. Tapi lambat laun, dirinya bisa beradaptasi dengan lingkungan dan orang baru, hingga dia mendapatkan banyak teman yang berasal dari berbagai wilayah saat gelaran O2SN berlangsung. Hal itulah, yang menjadi kesan utama baginya, selain menyabet juara. 

Keberhasilan itu menjadi kebanggaan tersendiri baginya, terlebih ketika dia diarak dan disambut oleh masyarakat atas kemenangannya. Baim mengaku kaget, sebab tiba-tiba banyak yang mengenali dirinya. 

Sebelumnya, dia juga pernah menjuarai kejuaraan di tingkat kabupaten ataupun antar cabang. 

“Kaget tiba-tiba banyak yang mengenali saya. Bangga pasti, tapi tidak boleh puas dengan capaian yang sudah didapat. Harus lebih berprestasi lagi,” tukasnya

Baca Juga:  Tahun 2023, Pengunjung Museum Mandhilaras Pamekasan Meningkat Pesat

DAFTAR PRESTASI BAIM SELAMA SATU TAHUN TERAKHIR 

  1. Juara 1 pada Olimpiade Siswa Nasional (O2SN) Jenjang Sekolah Dasar Cabang Olahraga Karate Putra Secara Daring Tingkat Kabupaten Pamekasan, 11 Juli 2022.
  2. Juara 2 Kumite pada Internasional Open Karate Championship Wali Kota Surabaya Cup, 15-18 Desember 2022.
  3. Juara 1 Kumite pada Kejuaraan Nasional Karate Jombang Open, 28-30 Oktober 2022.
  4. Juara 3 Kumite pada Kejuaraan Karate Inkai Se-Madura dan Sekitarnya HKC Championship, 21-22 Januari 2023.
  5. Juara 3 Kumite dan Juara 2 Kumite Beregu pada Kejuaraan Banyuwangi Karate Open Championship, 21-25 Juni 2023.
  6. Juara 1 Kata dan 1 Kumite pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Pamekasan, 27 Juni 2023.
  7. Juara 1 Kumite pada Kejuaraan Olimpiade Siswa Nasional (O2SN) Jenjang Sekolah Dasar Tingkat se-Jawa Timur, 2-3 Agustus 2023.
  8. Juara 2 Kumite pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang Sekolah Dasar (SD) Tingkat Nasional, 18-23 Agustus 2023 di Jakarta Pusat.

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *