Mual lantaran Naik Lift UMSIDA, Aura Intan justru Menang Lomba Podcast 

News31 views

KABAR MADURA | Aura Intan Wulandari tidak menyangka bisa juara lomba podcast tingkat Jawa Timur. Bagaimana tidak, siswi  SMA Muhammadiyah 1 Sumenep itu sebenarnya tidak berniat ikut lomba itu. Saat itu, Aura sedang jadi master of ceremony (MC) atau ngemsi pada acara pameran poster di sekolahnya. Begitu turun panggung, tiba-tiba ada yang memintanya ikut lomba podcast.

“Turun dari panggung Aura langsung ditawari untuk mengikuti lomba podcast, padahal itu adalah kali pertama saya tampil seperti itu dan briefingnya hanya sekitar 5 menit,” kata Aura Intan Wulandari Kamis (4/1/2024).

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Alasan ditawari lomba podcast, penampilannya saat ngemsi cukup memukau. Saat itu ada satu segmen di mana dia ngobrol santai dengan ketua pelaksana,.semacam talkshow, tapi ditonton seluruh warga sekolah, termasuk kepala sekolah. Dari situlah potensinya di dunia public speaking nampak.

Lomba podcast itu diadakan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) dalam acara Muhammadiyah Education Awards (ME AWARDS). Aura akhirnya ikut seleksi lewat unggah karya pada 11 November 2023. Karyanya masuk 10 besar. Kemudian masuk babak final. Pada 8 Desember 2023 diumumkan bahwa dia meraih juara.

Baca Juga:  DAU Naik Jadi Rp27 Miliar, Pemkab Sampang Terpaksa Pangkas Belanja OPD

“Saya tidak ambil rumit, jadi saya biarkan saja ikut tidak ikut terserah apa kata nanti. Saat itu sedang jam kosong, saya bersama teman saya (Difa) duduk di belakang aula sembari cerita, lalu wali kelas saya yang sekaligus pembimbing podcast itu lewat,” ujarnya.

“Saya akhirnya mau dan latihan hanya 2 hari langsung take video di RRI,” imbuh Aura.

Dia juga ceritakan proses pengambilan video yang akan diunggah untuk proses seleksinya. Awalnya sampai dua kali take video, barulah dapat hasil memuaskan. Tapi sayang, durasinya lebih panjang dari ketentuan lomba. Di hari lain dia harus take ulang  video. Lokasinya di Kafe Taneyan.

Ternyata, di Kafe Taneyan tidak mendapatkan feel yang baik. Sempat pindah ke ruangan lain, feel dan suasana tetap kurang mendukung. Akhirnya dengan set up studio seadanya, dia take video di perpustakaan sekolahnya dibantu dengan kameramen dan editor. Hingga sore dan berpuluh-puluh kali take tetap tidak kunjung dapat hasil yang memuaskan.

Baca Juga:  Demo Kejari Pamekasan, Centris dan Masyarakat Laden Tuntut Kejelasan Kasus Korupsi Aset Desa

“Akhirnya besok paginya saya mengulang take lagi kira-kira 3 kali. Lalu saya sudah mendapatkan hasil yang memuaskan,” paparnya.

Di tengah rumitnya take video itu, gadis kelahiran Sumenep, 09 Februari 2006 itu bersyukur  punya pembimbing yang sabar dan telaten. Karena terus mendampinginya hingga rampung.

Tiba di  UMSIDA untuk menjalani babak final, Aura justru sempat mengalami mual. Anehnya, hanya gara-gara tidak biasa naik lift. Akhirnya nekat naik tangga dari lantai 1 hingga lantai 7. Memang letih, tapi terbayar, karena dia berhasil jadi juara 3.

“Saya nangis terharu karena saya baru pertama kali mengenal podcast dan langsung juara,” ucap siswi asal Kecamatan Kota Sumenep itu.

Tidak hanya juara podcast, Aura juga pernah juara 2 lomba MC tingkat Madura, lomba baca puisi tingkat Jawa Timur.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *