Pamekasan Terdeteksi Nol Kasus Keracunan Nitrogen Cair

News13 Dilihat

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Tidak satupun warga mengalami keracunan makan yang mengandung nitrogen cair. Kondisi ini berdasar hasil penelusuran Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan terhadap seluruh fasilitas kesehatan (faskes). Sehingga belum melakukan tindakan penyelidikan epidemiologi (PE).

“Sampai saat ini dari 21 faskes dan berbagai rumah sakit (RS) belum kami temukan satupun warga yang keracunan nitrogen cair, meski sudah dua pekan kasus ini ditemukan di berbagai kabupaten/kota di Indonesia,” ujar Kepala Dinkes Pamekasan dr. Saifuddin, Senin (16/1/2023).

Menurutnya, meski tidak ditemukan warga yang terjangkit, perlu adanya kewaspadaan. Bahkan, seluruh warga di daerah yang identik dengan slogan Kota Gerbang Salam tidak perlu panik. Saat ini, instansinya melaksanakan langkah preventif. Yakni, mengirim surat edaran (SE) kepada berbagai faskes.

“Tujuannya, agar ada pengawasan ke lokasi yang berpotensi menjual makanan yang mengandung nitrogen cair. Informasinya ada penjual makan yang menjual makanan yang mengandung nitrogen cair, tetapi saat ini sudah tidak lagi berjualan,” paparnya kepada Kabar Madura.

Baca Juga :  Dorong Santri Melek Media, Peradaban Menggelar Pena Santri

Pihaknya menuturkan, nitrogen cair jika dikonsumsi manusia berdampak pada kerusakan organ dalam. Sebab suhu didihnya sangat dingin dengan minus kedinginan 190 derajat. Seperti, organ pencernaan lantaran masuk melalui organ pencernaan. Apalagi, lambung merupakan tendon pertama makanan.

“Jadi disitu akan merusak sel-sel lambung, bisa terjadi peradangan, bisa selnya mati, dan bisa lambungnya berlubang,” tuturnya.

Dijelaskan, pembentukan tim khusus di level kabupaten belum terlaksana. Namun, pada tataran Dinkes beserta jejaringnya sudah terbentuk. Langkah ini, sebagai upaya tindakan preventif, edukatif dan sosialisasi kepada masyarakat. “Hari ini puskesmas yang bergerak, tetapi untuk tingkat kabupaten belum ada arahan dari pimpinan, mungkin karena kasusnya belum ada,” jelasnya.

Berdasar informasi yang didapatkan Kabar Madura dari berbagai sumber, ada beberapa makanan yang mengandung nitrogen cair. Meliputi, Chiki Ngebul, Dragon’s Breath, Ice Smoke dan lainnya.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif 

Baca Juga :  KPU Pamekasan Lantik 567 Anggota PPS

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *