Pemkab Sumenep Siapkan Rp61,6 M Khusus untuk Infrastruktur Jalan

News163 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Pembangunan infrastruktur jalan di Sumenep didanai cukup besar. Tahun anggaran 2023 ini nilainya mencapai Rp61,6 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Sumenep senilai Rp36 miliar serta dari Dana Alokasi Khuus (DAK) APBD Sumenep senilai Rp25, 6 miliar.

Tugas penggunaan anggaran bidang jalan itu diserahkan kepada  Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sumenep.

“Untuk pengajuan lelang masih proses, sambil lalu masih menunggu saat ini masih dalam tahap perencanaan,” kata Kepala PUTR Sumenep Eri Susanto melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Agus Adi Hidayat , Minggu (5/2/2023).

Penggunaan anggaran tersebut di antaranya untuk peningkatan jalan, pemeliharaan jalan berkala, pemeliharaan rutin. Lokasi pembangunan jalan itu dirinci karena masih berpotensi ada pergeseran.

Baca Juga:  Nayla Baddrut Tamam: Peran Bunda PAUD Sangat Penting

” Karena informasinya masih ada pergeseran anggaran, kalau jumlahnya tetap, namun ada pergeseran saja,” ujarnya.

Anggaran pembangunan jalan itu sejatinya bertambah jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2022, khusus bidang jalan dianggarkan sskitar Rp50 miliar. Nantinya, semua anggaran jalan sudah masuk di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemkab Sumenep.

“Diprediksi pekerjaan paling awal bulan Mei mendatang, sebab April bisa jadi sudah dilelang,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep Dulsiam menegaskan, anggaran khusus jalan dalam tiap tahun cukup besar. Sebab, berkaitan dengan kesejahteraan rakyat.

Baca Juga:  Tertibkan Pencemaran Lingkungan, DLH Pamekasan Gunakan UU 6/2023

Harapannya, tahun ini pekerjaaan jalan perlu diproritaskan untuk dipercepat. Selain agar segera dirasakan masyarakat, agar pengerjaannya tidak melewat batas waktu sesuai kontrak. Sebab, pada tahun sebelumnya, masih ada pekerjaan yang libas deadline, karena dikerjakan pada waktu yang mepet.

“Tahun ini perlu dipercepat, agar tidak tergesa-gesa yang berdampak pada kulitas pekerjaan, anggaran perlu diperuntukkan dengan baik, mengingat anggaran khusus jalan cukup besar,” ucap politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Pewarta: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *