Peringati HUT ke-78 RI, DPKP Sampang Adakan Gerakan Pangan Murah

News62 views

KABARMADURA.ID | SAMPANG — Warga Sampang tampak antusias menghadiri bazar Gerakan Pangan Murah yang diselenggarakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) setempat di Alun-Alun Trunojoyo, Rabu (23/8/2023). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Suyono menyampaikan, harapan dari adanya Gerakan Pangan Murah ini agar bisa mengurangi beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok yang mulai melonjak naik.

“Apalagi kan sekarang di Sampang sebagian terkena dampak kekeringan, barang-barang sudah banyak yang naik, maka kami hadir di tengah-tengah masyarakat dengan menyediakan bahan pokok yang lebih murah dari pasar,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang menggandeng beberapa pihak di antaranya Badan Pangan Nasional (Bapanas), Perum Bulog, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag).

Baca Juga:  Motif Cemburu, Pria di Pamekasan Ditusuk Berkali-kali

“Jadi sebenarnya yang punya anggaran Bapanas, kami hanya membantu,” tambah Suyono.
Terdapat sejumlah bahan pokok yang tersedia dalam kegiatan Gerakan Pangan Murah tersebut, seperti gula, beras, minyak goreng, tepung, olahan hasil perikanan, telur, bawang putih, bawang merah, dan lainnya.

“Selain bahan pokok, juga tersedia produk lokal. Kami berharap masyarakat bisa mengenal produk lokal. Dengan membeli produk lokal, maka uangnya orang Sampang akan tetap berputar di Sampang,” harapnya.

Selain itu, Suyono menyebut, beras yang dijual di kegiatan itu juga merupakan hasil panen dari petani lokal yang dikelola oleh lima lumbung pangan masyarakat.

Baca Juga:  Anggaran Gemarikan di Sumenep Ikut Tersedot untuk Pemilu

“Tidak hanya satu kali, akan ada lagi. Program ini continue, apalagi sekarang ini terjadi el nino. Lalu, untuk menekan inflasi di daerah harus ada operasi pasar, tapi kami lebih melibatkan petani atau produsen lokal,” tutupnya.

Salah seorang pengunjung asal Jalan Kenari Sampang, Hoiriyah, menyampaikan, selain yang dijual lebih murah dari pasar, bazar ini juga mengenalkan produk lokal kepada masyarakat.

Lebih lanjut, dia berharap, bazar seperti ini bisa konsisten diadakan setiap bulan. Apalagi, kata Khoiriyah, bisa digelar setiap minggu.

“Kalau bisa setiap minggu ada, ini juga bermanfaat kepada yang mempunyai produk. Mereka bisa jualan di sini,” ucapnya.

Pewarta: KM70

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *