Produksi Ikan Budidaya di Sumenep Baru Capai 3 Ton 

News131 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Per Juli 2023, hasil produksi ikan budidaya di Sumenep baru mencapai 3.160,43 ton. Fungsional Pengelola Ikan Ahli Muda Diskan Sumenep Moh. Subhan Hedir mengatakan, capaian itu masih data sementara. Harapannya, angka tersebut masih terus meningkat hingga 10 ribu ton.  

“Salah satu usaha kami saat ini adalah memaksimalkan balai benih ikan, agar banyak masyarakat yang membeli dan banyak memproduksi ikan,” katanya, Rabu (26/7/2023). 

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Subhan menjelaskan, ada banyak faktor yang menyebabkan tidak tercapainya produksi ikan budidaya di Sumenep, termasuk iklim ekstrem. Menurutnya, hujan terus menerus sepanjang tahun juga sangat berpengaruh pada pertumbuhan ikan.

Baca Juga:  Dinkes Pamekasan Siaga Antisipasi Covid Varian Baru

“Capaian saat ini cukup baik, karena sudah mencapai 3 ribu ton. Bisa saja satu bulan ke depan mendapatkan 1 ribu ton lebih, sebab sosialisasi terhadap para pembudidaya sudah dilakukan,” papar Subhan.

Sembari produksi ikan budi daya semakin naik, tambahnya, masyarakat diharapkan semakin sadar akan pentingnya mengkonsumsi ikan.

“Angka konsumsi ikan juga berpotensi terus naik ditambah program gemar makan ikan, makanya produksi ikan perlu diperbanyak,” tegas dia.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Sumenep Juhari menekankan supaya produksi ikan budidaya ditingkatkan. Dia memandang perlu adanya balai benih ikan tambahan di Sumenep. 

Baca Juga:  11 Tahun Ditunggu, Pemekaran Desa Kolo Kolo Harus Kandas

“sosialisasi pada masyarakat sangat penting dalam rangka meningkatkan produksi ikan budidaya,” tegasnya.

Produksi Ikan Budidaya di Sumenep (Per Juli 2023) 

  • Bandeng 413,77 ton
  • Nila 11,71 ton
  • Udang Windu 12,06 ton
  • Udang Vannamei 2.463,23 ton
  • Kerapu 108,09 ton
  • Gurame 6,13 ton
  • Lele 145,43 ton

Total 3.160,43 ton 

 Sumber data: Dinas Perikanan Sumenep.

Pewarta: Imam Mahdi

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *