PT Pojur Laranta Madura Siapkan Pembinaan Digitalisasi Pangkalan

News64 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -PT Pojur Laranta Madura telah selesai melakukan survei ke sejumlah pangkalan liquified petroleum gas (LPG) di Pamekasan yang berada di bawah naungannya. Hasilnya, kelengkapan dokumen legalitas serta sarana dan prasarana (sarpras) secara keseluruhan terpenuhi di masing-masing pangkalan. Dokumen legalitas dan sarpras itu di antaranya berupa surat surat izin berusaha, dokumen kontrak, laporan bulanan, papan nama pangkalan, tabung gas, dan lainnya.

Direktur PT Pojur Laranta Madura Hadiri, melalui admin Dwi Cahyani Wulandari mengatakan, survei itu bertujuan untuk memvalidasi ulang keberadaan pangkalan LPG 3 kilogram yang terdata di Pertamina. Hal itu dilakukan karena akan ada perubahan sistem yang harus dijalani oleh masing-masing pangkalan.

Perubahan sistem itu berupa pemberlakuan penginputan data konsumen secara digitalisasi. Sebelumnya, penginputan dilakukan dengan cara manual. Saat ini, kata Wulan, Pertamina mengeluarkan sistem baru terkait penginputan data konsumen yang berbasis online.

Baca Juga:  Pelaku UMKM Sebut Pemkab Pamekasan Tebang Pilih Beri Bantuan¬†

“Per tahun ini, Pertamina membuat sistem baru. Penginputan konsumen di setiap pangkalan harus berbasis online, namanya sistem Monica. Jadi data konsumen di-upload di situ semua,” ungkapnya saat ditemui Kabar Madura, Kamis (24/8/2023).

Menurut Wulan, perubahan sistem itu untuk memastikan pendistribusian LPG 3 kilogram tepat sasaran. Namun, dia menegaskan, realisasi penginputan data konsumen secara digitalisasi ini masih membutuhkan sosialisasi lebih lanjut kepada pangkalan, termasuk pembinaan terkait tata cara penginputan data. Pasalnya, tidak semua pengelola pangkalan LPG mengetahui sistem digitalisasi.

“Kami akan gelar forum khusus pengelola pangkalan untuk dilakukan pembinaan dan pengarahan terkait penginputan data tersebut. Jadi penyampaiannya bisa satu pintu. Sejauh ini sudah sebagian pangkalan yang mulai menerapkan penginputan digitalisasi,” jelasnya.

Baca Juga:  Ketua Dekranasda Pamekasan: Kerajinan Lokal Bisa Bersaing Secara Global

Sekadar diketahui, terdapat 37 pangkalan LPG 3 kilogram di Pamekasan yang berada di bawah bangun PT Pojur Laranta Madura. Rinciannya, di Kecamatan Kadur ada empat pangkalan, Kecamatan Pakong tiga pangkalan, Kecamatan Proppo dua pangkalan, Kecamatan Waru satu pangkalan.

Kemudian, di Kecamatan Larangan empat pangkalan, Kecamatan Batumarmar satu pangkalan, Kecamatan Pademawu empat pangkalan, Kecamatan Palengaan tujuh pangkalan, Kecamatan Pegantenan dua pangkalan, Kecamatan Pamekasan enam pangkalan, Kecamatan Tlanakan dua pangkalan, dan Kecamatan Galis satu pangkalan.

Pewarta: Safira Nur Laily

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *