Puncak Musim Hujan, BMKG Kalianget: Waspada Cuaca Buruk!

News90 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget memberikan imbauan khusus pada musim hujan ini. Masyarakat diminta untuk lebih waspada saat terjadi hujan, termasuk kondisi perairan perlu diwaspadai, terutama di daerah kepulauan.

Sesuai dengan press release yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Nomor: ME.02.04/0191/KSUB/II/2023, saat ini wilayah Jawa Timur berada pada periode puncak musim hujan.

Kepala BMKG Kalianget Usman Kholid  mengungkapkan, pada puncak musim hujan ini potensi cuaca ekstrim seperti hujan deras, angin kencang, kilat, petir, angin puting beliung, termasuk dampak-dampak yang ditimbulkan dari cuaca buruk tersebut seperti banjir, tanah longsong, pohon tumbang perlu diwaspadai masyarakat.

Baca Juga:  Hentikan Bantuan Air Bersih, Pemkab Pamekasan Dinilai Ingkari Janji

Selain cuaca ekstrim dan dampak yang ditimbulkan, pria yang akrab disapa Usman itu mengingatkan, saat ini kondisi gelombang laut cukup tinggi, sehingga perlu kehati-hatian dan kewaspadaan terkait kegiatan transportasi laut.

Ia menjelaskan, secara umum wilayah perairan Sumenep perlu diwaspadai, terutama di daerah kepulauan. “Termasuk juga nelayan, kegiatan wisata dan aktivitas-aktivitas masyarakat di laut, perlu diwaspadai” imbaunya, Rabu (15/02/2023).

Pihaknya mengajak masyarakat untuk selalu aktif mengupdate informasi cuaca di BMKG, jika diketahui pada wilayahnya kondisi angin kencang dan gelombang tinggi tidak perlu memaksakan diri ke laut. “Tentunya di saat-saat sekarang ini perlu kehati-hatian,” pungkasnya.

Baca Juga:  Puncak Musim Hujan Diprediksi Februari 2024, Warga Sumenep Diminta Waspada Bencana

Pewarta: KM68

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *