Rektor IAIN Madura: Lulusan Harus Melek Teknologi

News, Pendidikan100 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASANInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menggelar sidang terbuka senat dalam rangka wisuda sarjana ke-36 dan program magister 16 semester genap tahun akademik 2022/2023 di Auditorium IAIN Madura.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu (6-7/5/2023). Diikuti oleh 633 mahasiswa dari 18 program studi (prodi), di antaranya; 16 prodi dari program sarjana dengan jumlah 599 wisudawan dan dua prodi dari program pascasarjana berjumlah 34 wisudawan.

Rektor IAIN Madura Dr. Saiful Hadi menyampaikan, bekal keilmuan yang telah ditempa di IAIN Madura dinginkan bisa berguna kepada masyarakat, terlebih pada penguatan literasi ekonomi masyarakat di masa depan. Sebab, kontribusi para lulusan sangat diperlukan, tentunya bersandar pada nilai-nilai kearifan dan kebijaksanaan, supaya kontribusinya tak lekang oleh waktu.

Baca Juga:  Begawan Ilmu Pendidikan Islam Asal Sampang

“Bagaimana para alumni memiliki semangat dan bangkit berwirausaha,” papar Dr. Saiful Hadi kepada Kabar Madura usai prosesi wisuda berlangsung.

Tak hanya itu, mantan aktivis pergerakan mahasiswa islam Indonesia (PMII) menegaskan, penguatan literasi digital menjadi bagian yang tak mungkin terpisah dari perputaran kehidupan manusia, sehingga perlu ada adanya penguatan digitalisasi, agar kemudahan akses dan kecepatan respon dalam berkontribusi sesuai dengan kompetensi keilmuan individu yang dimiliki bisa terus eksis.

“Memanfaatkan teknologi hari ini sangat penting untuk mempercepat terjadinya perubahan-perubahan,” ulasnya.

Saiful Hadi mengutarakan, para alumni yang baru saja diwisuda diharapkan mampu mengelaborasi kerangka ideologi Islam yang moderat dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin, supaya bisa mendorong tidak terjadinya radikalisme, tidak ekstrem, dan mepererat nilai persaudaraan antara anak bangsa.

Baca Juga:  Susun Raperda, DPRD Pamekasan Segera Panggil Pemilik Usaha yang Berkontribusi Hasilkan Sampah Plastik

Diakuinya, untuk kolaborasi antara IAIN Madura dengan para alumni akan sangat mudah ke depannya. Sebab, pihaknya sudah mendapatkan surat dari Kementerian Agama (Kemenag) RI tentang perubahan pengelolaan pembiayaan, dari awalnya satuan kerja, menjadi badan layanan umum (BLU).

“Pola inilah yang akan mengelaborasi kuat kerja sama institusi dengan alumni dalam rangka membangun pembiayaan yang partisipatif berbasis pada keunggulan potensi lokal,” ujarnya.

Pada saat memberikan sambutan, dia mengucapkan terima kasih kepada orang tua mahasiswa yang sudah mempercayakan putra putrinya belajar di IAIN Madura. Tetapi, harapannya bagi mahasiswa yang baru lulus strata 1 bisa melanjutkan ke pascasarjana, supaya kemampuannya bisa terus ditingkatkan, sehingga terus berkontribusi kepada masyarakat.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif  

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar