RSUD dr. H. Moh. Anwar Bersiap Masuk Akreditasi Tingkat Paripurna

Uncategorized13 Dilihat

 

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar saat ini bersiap mengahadapi akreditasi yang akan dilaksanakan pada Oktober 2022. Harapannya, akreditasi berjalan sesuai harapan hingga terakreditasi ke tingkat paripurna.

 

Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Erliyati melalui Kasi Informasi Arman Endika mengutarakan, pada Selasa 27 September 2022, akan melaksanakan survei audit internal yang kedua. Harapannya, sudah final. Sebab, pada 25, 27, dan 28 Oktober 2022 akan dilakukan penilaian mengenai elemen dari semua komponen akreditasi.

 

“Sebelumnya, yang berkaitan dengan persiapan akreditasi sudah dipersiapkan. Misalnya, tentang pemenuhan sarana dan lainnya, jadi kami sudah siap dengan segala persiapan,” katanya, (26/9/2022).

 

Diketahui, akreditasi rumah sakit merupakan suatu proses di mana suatu lembaga yang independen melakukan asesmen terhadap rumah sakit dengan tujuan untuk menentukan apakah rumah sakit tersebut memenuhi standar keselamatan dan mutu pelayanan atau tidak.

Baca Juga :  Dampingi Pelacakan Lokasi Produksi, Aktif Berkoordinasi dengan Bea Cukai

 

Arman menjelaskan, proses menuju akreditasi disiapkan selama tiga tahun. Pada 2019 lalu, kategori hasil akreditasi RSUD dr. H. Moh. Anwar adalah utama.

 

“Harapan kami tahun 2022 meningkat menjadi paripurna,” jelasnya.

 

Menurut Arman, ada beberpata kategori dalam akreditasi rumah sakit, yakni tingkat lima (bintang 5) adalah paripurna, tingkat 4 adalah atama, tingkat 3 adalah madya dan tingkat 2 dasar, dan bintang 1 tidak lulus.

 

Pada 2017 lalu, RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep sebenarnya telah berhasil melaksanakan survei akreditasi rumah sakit versi 2012 dan meraih hasil yang membanggakan, yaitu lulus dengan predikat paripurna.

 

“Semoga tahun ini hasilnya juga memuaskan,” ucap Arman.

 

Dia menjelaskan, RSUD dr.H. Moh. Anwar terus berbenah. Pihak tim akreditasi juga selalu menggelar rapat rutin. Rapat itu bertujuan untuk memperbaharui perkembangan, evaluasi dan memecahkan tiap masalah yang mungkin terjadi.

Baca Juga :  P4TM: Aksi Pembakaran Truk Tembakau Luar Madura Itu Cermin Lemahnya Penegakan Perda Pamekasan!

 

Selain membentuk tim akreditasi, juga menunjuk asesor internal. Di antaranya asesor internal manajemen, asesor internal medis dan asesor internal keperawatan.

 

“Jadi, pada saat akreditasi itu sudah mulai, maka kami sudah siap, semoga terkabul mendapatakan peredikat paripurna, mohon do’anya,” tutupnya.

 

Reporter: Imam Mahdi

 

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *