Skala Prioritas Penggunaan PAK di Sumenep Belum Ditentukan

News64 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Melewati pertengahan tahun, rencana perubahan anggaran keuangan (PAK) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumenep tahun 2023 belum masuk pembahasan. Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumenep Yayak Nurwahyudi mengatakan, untuk pembahasan PAK itu masih direncanakan pada akhir bulan ini. 

“Sekarang mau selesaikan untuk APBD yang 2024 dulu, untuk PAK paling tanggal 21 Agustus ini bakal dibahas,” ujarnya kepada Kabar Madura, Senin (7/8/2023).

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Bahkan, dia menjelaskan, pihaknya saat ini juga belum menentukan skala prioritas penggunaan PAK tersebut, sebab harus menunggu laporan dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). 

Baca Juga:  Bank Jatim Tidak Ada Kepastian, Tiket Wisata Pamekasan Dinaikkan Dulu

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Anggaran Badan Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Sumenep Ferdiansyah mengaku masih menunggu rekomendasi dari Bappeda Sumenep untuk pelaksanaan PAK. 

“Kami menunggu instruksi dari Bappeda Sumenep selaku yang merancang anggaran,” paparnya, Senin (7/8/2023).

Keterlambatan pelaksanaan PAK ini, kata Ferdi, disebabkan masih menunggu hasil audit pekerjaan tahun 2022, yang baru selesai pada beberapa minggu lalu dengan tanpa ditemukan persoalan. 

Kemudian, dia menyebutkan, pada tahun anggaran 2022, terdapat sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) sekitar Rp416 miliar lebih. Untuk pemanfaatan sisa anggaran itu juga menunggu keputusan dari Bappeda. 

Baca Juga:  Warga Sumenep Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem Puncak Penghujan

“Sisa itu ada yang dari DAK dan DBHCHT. Sisa anggaran itu bakal digunakan untuk apa saja, kami juga masih menunggu,” pungkasnya.

Pewarta: Moh Razin

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *