Skema Pengamanan Jemaah Haji Pamekasan Dibuat Berbeda

News138 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Dalam penyambutan kedatangan jamaah haji 2023 di Pamekasan,  ditetapkan skema pengamanan secara khusus. Akan dikerahkan ratusan personel dari tim gabungan untuk menyebar di sejumlah titik. Tim gabungan itu seperti Tentara Nasional Indonesia (TNI), Komando Distrik Militer (Kodim), Dinas Perhubungan (Dishub) Pamekasan, dan kepolisian sektor (polsek) setempat.

Kepala Seksi (Kasi) Humas Kepolisian Resor (Polres) Pamekasan Iptu Sri Sugiarto mengatakan, terdapat 197 personel yang mengamankan penyambutan kedatangan para jemaah haji. Terdapat,  159 personel dari unsur Polres Pamekasan, dua personel dari POM TNI, 12 anggota Kodim 0826 dan 24 anggota dari Dishub Pamekasan.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

“Untuk di wilayah polsek, melibatkan anggota polsek setempat. Jadi, gabungan polres dan polsek juga,” terangnya.

Pengamanan difokuskan pada titik penurunan para jemaah haji. Cukup berbeda dengan ketika pemberangkatan, yang pengamannya berpusat di area Masjid Agung Asy-syuhada Pamekasan, area Monumen Arek Lancor, dan beberapa ruas jalan yang dijadikan jalur pemberangkatan jemaah haji.

Baca Juga:  Bawaslu-KPU Pamekasan Berseberangan Terkait Putusan MA tentang Keterwakilan Perempuan

Nantinya, lanjut Sugiarto, lokasi pengamanan disesuaikan dengan titik lokasi penurunan masing-masing kloter jemaah. Sebab, para jemaah haji diturunkan di lembaga haji masing-masing, di antaranya di Masjid Agung Asy-syuhada Pamekasan, Pendopo Ronggosukowati, Desa Panempan, Pesantren Bata-Bata, LPI Nurul Hikmah, Pesantren Banyuanyar Timur, Pesantren Banyuanyar Barat, Blumbungan.

Terdapat empat kloter yang akan datang pada 6-7 Juni ini, yaitu kloter 4 dengan 8 bus, kloter 5 dengan 10 bus, dan kloter 6 dengan 6 bus. Sedangkan kloter 8 dijadwalkan datang pada Jumat (7/7/2023) dengan 1 bus.

“Bedanya,  waktu pemberangkatan ada polwan cantik jadi ojek untuk jemaah, sekarang tidak ada. Karena penurunannya di yayasan bimbingan haji masing-masing,” ungkapnya kepada Kabar Madura.

Baca Juga:  6 Titik CCTV Intai Pelanggar Lalin di Pamekasan, Benarkah?

KEDATANGAN JEMAAH HAJI PAMEKASAN

Kloter 4

Kamis, 6 Juli 2023. Pukul: 00.25 WIB

Jumlah bus: 8 unit

Bus 1 sampai 6 ke Blumbungan

Bus 7 sampai 8 ke LPI Nurul Hikmah

Kloter 5

Hari Kamis, 6 Juli 2023 pukul: 02.00 WIB

Jumlah bus: 10 unit

Bus 1 sampai 4 ke Pesantren Bata-bata

Bus 5 sampai 7 ke Pesantren Banyuanyar Barat

Bus 8 sampai 10 ke Pesantren Banyuanyar Timur

Kloter 6

Kamis, 6 Juli 2023 pukul: 04.00 WIB

Jumlah bus: 6 unit

Bus 1 sampai 5 ke Pendopo Ronggosukowati

Bus 6 ke Panempan

Kloter 8

Jumat 7 Juli 2023 pukul: 07.25 WIB

Jumlah bus: 1 unit ke Masjid Agung Asy-syuhada Pamekasan

Pewarta: Safira Nur Laily

Redaktur: Moh. Hasanuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *